oleh

May Day,Pertama Kali Dirayakan di Surabaya

OKEBUNG|
Perayaan Hari Buruh Sedunia atau yang lebih dikenal dengan sebutan May Day dirayakan setiap 01 May dihampir setiap negera.

Peringatan hari buruh di Indonesia pertama kali terjadi pada masa kolonial Belanda yang dilakukan di Surabaya pada 1 Mei 1918.

Dilansir okezone.com. Serikat Buruh Kung Tang Hwee Koan konon yang pertama kali menggelar peringatan Hari Buruh itu. Pada saat perayaan tersebut hadir pula tokoh sosialis asal Belanda yakni, Henk Sneevliet dan Bars yang menyampaikan pesan Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda (ISDV). Namun peringatan hari buruh pertama ini belum begitu mendapat sambutan dari masyarakat Hindia-Belanda kala itu.

Tercatat sejak 1918 hingga 1925, gerakan buruh mulai secara rutin memperingati Hari Buruh sedunia yang biasanya dibarengi dengan pemogokan umum besar-besaran. Sebelumnya, pada perayaan hari buruh 1921, HOS Tjokroaminoto, ditemani muridnya, Soekarno ikut terlibat. Dia naik ke podium untuk berpidato mewakili Serikat Buruh di bawah pengaruh Sarekat Islam.

Kemudian Hari Buruh sedunia pada tahun 1923, Semaun sudah menyampaikan kepada sebuah rapat umum VSTP (serikat buruh kereta api) di Semarang untuk melancarkan pemogokan umum. Pemogokan tersebut mengangkat isu utama yang diantaranya, waktu kerja delapan jam, penundaan penghapusan bonus sampai janji kenaikan gaji dipenuhi, penanganan perselisihan ditangani oleh satu badan arbitrase independen, dan pelarangan PHK tanpa alasan.

Namun setelah adanya pergelokan di tahun 1926 hingga 1927 yang dilakukan kaum komunis terhadap pemerintah Kolonial Belanda, peringatan May Day sangat sulit untuk dilakukan. Pemerintah kala itu melarang kaum pekerja untuk melakukan perayaan.(admin)

Foto|Ilustrasi\

News Feed