oleh

Mata Uang Negara Exportir Minyak Anjlok

OKEBUNG|
Bank Sentral Azerbaijin akan mendevaluasi mata uang negara yang kaya akan energi. Hal ini sebagai sikap atas penurunan harga minyak dan gejolak ekonomi di Rusia.

mata uang Azerbaijan, manat kehilangan 34 persen terhadap dolar dan 33,8 persen terhadap euro dalam bentuk pemangkasan,dengan nilai tukar yang baru ditetapkan masing-masing pada 1,05 manat dan 1.195 manat.

Mengutip Arabnews,Baku,Minggu (22/02/2015), Azerbaijan manat kehilangan 34 persen nilainya terhadap dolar dan 33,8 persen terhadap euro dalam bentuk potongan, dengan nilai tukar yang baru ditetapkan pada 1,05 manat dan 1,195 manat masing-masing.

Menurut Bank Sentral,langkah ini bertujuan untuk menciptakan stimulus tambahan untuk diversifikasi ekonomi, meningkatkan daya saing dan ekspor.

Dengan minyak dan gas menyumbang 95 persen dari ekspor negara itu dan 70 persen dari penerimaan negara, perekonomian Azerbaijan telah berada di bawah tekanan dari penurunan harga minyak sejak Juni.

Pada bulan Desember,bank sentral menghabiskan sekitar 8 persen dari cadangan devisa untuk mempertahankan manat, dan dilaporkan sebanyak USD1 miliar sejauh tahun ini.

Pada hari Senin, bank sentral bergerak untuk mematok mata uangnya terhadap dolar demi sebuah keranjang mata uang euro-dolar.

Bank sentral mengatakan bahwa penyesuaian tingkat manat ini juga diarahkan pada menetralkan efek negatif dari devaluasi mata uang nasional mitra dagang Azerbaijan.

Nilai manat terjun dari mata uang rubel Rusia dan penurunan harga minyak mempengaruhi mata uang nasional banyak negara bekas Soviet.
(okz\net)

Foto|ilustrasi\

News Feed