oleh

Masuk Ilegal ke Indonesia,59 Warga Somalia Ditahan Di Rudenim Medan

BELAWAN -OKB|
Sebanyak 59 warga Somalia yang masuk ke Indonesia tanpa memiliki dokumen berupa paspor, telah ditahan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan di Belawan.

Seluruh warga asing itu masuk secara ilegal ke Indonesia, melalui jalur Pelabuhan Belawan dan Tanjung Balai. Kepala Detensi Imigrasi Medan, Purbanus Sinaga mengatakan, warga asing tersebut dititipkan di institusi hukum itu, karena masuk secara ilegal ke Indonesia.

Puluhan warga Somalia itu, telah melanggar Undang-Undang (UU) Keimigrasian yang berlaku di negeri ini.

“Orang asing tersebut masuk ke Indonesia, melalui Pelabuhan Belawan dan juga Pelabuhan Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara dan datang dari Malaysia dengan menggunakan kapal kayu,” ucap Purbanus di Medan seperti dikutip dari merdeka.com,Senin (07/07/2014).

Purbanus menyebutkan di Rudenim Medan, bukan hanya dihuni warga Somalia, tetapi juga Bangladesh, Iran, Pakistan, Myanmark Rohingnya, Sri Langka, Taiwan dan negara lainnya.

“Jadi, ada ratusan warga asing yang menghuni Rudenim Medan,” imbuh Purbanus.

Data dari Rudenim Medan, jumlah orang asing yang ditahan selama Juni 2014 tercatat sebanyak 256 orang dan beberapa di antaranya yakni, warga Afghanistan 26 orang, Bangladesh 11 orang, Palestina 17 orang, Myanmar Rohingnya 59 orang, Somalia 59 orang, dan Sri Lanka 30 orang.

Selanjutnya, warga Iran 17 orang, Sudan 22 orang, Eritrya dua orang, Afrika Selatan satu orang, Pakistan sembilan orang, Taiwan satu orang dan Nepal satu orang.(Merdeka.com/Net)

News Feed