oleh

Maskapai Air Asia Buka Rute Medan-Yogyakarta

OKEBUNG|
Maskapai penerbangan asal Malaysia, Air Asia Indonesia resmi mengoperasikan rute Medan – Yogyakarta – Medan melalui penerbangan perdana yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu, Medan dan Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta dengan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Presiden Direktur Air Asia Indonesia Sunu Widyatmoko mengatakan, pembukaan rute ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menciptakan pasar baru dan menghadirkan konektivitas terbaik di tanah air.

“Kini, pelanggan Air Asia yang berada di Medan maupun di Yogyakarta dapat terbang langsung tanpa harus transit di Jakarta, sehingga kami berharap penerbangan ini dapat semakin mengakomodir konektivitas udara yang lebih efisien, disamping turut berkontribusi dalam meningkatkan aktivitas komersial antar dua kota besar tersebut,” katanya dalam siaran pers.

Penerbangan QZ 8074 yang membawa 170 penumpang lepas landas tepat pukul 06.15 WIB, menandakan dimulainya rute penerbangan harian (tujuh kali seminggu) yang menghubungkan dua kota besar di wilayah barat Indonesia.

Sedangkan, penerbangan perdana Yogyakarta – Medan dengan nomor penerbangan QZ 8075 lepas landas tepat pukul 09.25 WIB membawa 160 penumpang.

Kemeriahan menghiasi suasana penerbangan perdana rute Medan – Yogyakarta yang ditempuh selama dua jam 45 menit. Di ketinggian 35.000 kaki, Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko yang turut serta dalam penerbangan perdana tersebut ikut memeriahkan acara melalui pembagian Travel Treats Snack Bag kepada seluruh penumpang.

Selain itu, Tune Insure AirAsia Travel Protection pun turut mendukung perayaan penerbangan perdana Medan – Yogyakarta melalui pembagian koper American Tourister eksklusif secara gratis khusus semua penumpang yang membeli produk layanan tersebut.

Adapun Tune Insure AirAsia Travel Protection merupakan produk tambahan layanan penumpang yang menawarkan asuransi perlindungan perjalanan dengan beragam manfaat kompensasi seperti kehilangan dan/atau kerusakan bagasi serta manfaat yang lainnya.

Air Asia Indonesia saat ini mengoperasikan 119 penerbangan per minggu dari hub Medan ke beragam destinasi seperti Jakarta (25x seminggu), Yogyakarta (1x sehari), Kuala Lumpur (7x sehari), Penang (31x seminggu), dan Bangkok (1x sehari).

Selama periode Januari – September 2014, Air Asia Indonesia telah menerbangkan sebanyak 920.738 penumpang dari hub Medan, meningkat sebesar 41 persen dari 653.593 penumpang selama periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan dari Yogyakarta, AirAsia telah melayani sebanyak 74 penerbangan per minggu dari Yogyakarta yang melayani tiga rute domestik menuju Jakarta (28x per minggu), Medan (7x per minggu) dan Bali (14x per minggu) dan 1 rute internasional menuju Singapura (7x per minggu) dioperasikan oleh AirAsia Indonesia (QZ), sedangkan AirAsia Malaysia (AK) melayani 2 rute internasional menuju Kuala Lumpur (14x per minggu), dan Johor Bahru (4x minggu).

Adapun selama tahun 2013, Air Asia telah mengangkut sebanyak 711.632 penumpang dari Yogyakarta atau meningkat sebesar 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya 2012 sebanyak 556.441 penumpang.(btkp\net)
Foto :net\ilustrasi\

News Feed