oleh

Maraknya Pendatang Gelap, Disdukcapil DKI Gelar Operasi WNA Ilegal

OKEBUNG|
Terkait banyaknya warga negara asing (WNA) yang terjaring petugas
imigrasi karena tak memiliki dokumen izin tinggal.Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI akan melakukan operasi bina kependudukan (biduk) ke tempat-tempat tinggal para warga negara asing (WNA) di Ibu Kota, Jakarta.

“Saat ini, kami sedang koordinasi dengan aparatur wilayah‎ agar bisa diketahui WNA ilegal ada di mana saja,” kata Edison Sianturi, Kepala Disdukcapil DKI saat dihubungi, Kamis (14/05/2015),melansir okezone.com.

Dia mengatakan, koordinasi dengan aparatur di wilayah ‎seperti lurah, camat, dan wali kota sangat diperlukan untuk memetakan lokasi-lokasi yang nantinya ditetapkan sebagai sasaran operasi.

Dia juga mengaku jajarannya kalah cepat dari petugas Imigrasi yang telah lebih dulu menggelar‎ razia di beberapa titik. Hal tersebut terjadi karena pihaknya tak bisa bergerak sendiri mengamankan WNA gelap di Jakarta.

“Kita juga perlu koordinasi dengan instansi lain jika mau merazia seperti Satpol PP, kepolisian dan juga imigrasi,” jelasnya.

‎Ia mengungkapkan, saat ini kewenangan yang dimiliki jajarannya terkait pengawasan WNA asing, telah dialihkan ke pihak Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi, termasuk pengurusan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)‎ dan Izin Tinggal Tetap.

“Tahun lalu peran kita ada. Misal‎nya, izin tinggal sementara dan izin tinggal tetap buat WNA. Kalau sekarang sudah dilimpahkan ke Dirjen Imigrasi,” tukasnya.

Selama sepekan ini, setidaknya puluhan imigran gelap terjaring oleh jajaran Polda Metro Jaya di kawasan elit di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

Pada operasi pertama, hari Rabu 7 Mei 2015, 33 WNA asal Tiongkok, diamankan di sebuah rumah di kawasan Pasar Minggu. Dalam penggerebekan selanjutnya, petugas menjaring 30 WNA ilegal dari Komplek Ruko di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Dan di hari sebelumnya, petugas Imigrasi Jakarta Pusat juga menciduk lima orang WNA dari Jalan Jaksa.(okz\admin)

Foto|ilustrasi\net

News Feed