oleh

Letjen TNI Djamin Ginting Digelar Menjadi Pahlawan Nasional

OKEBUNG|
Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo (Jokowi) menyematkan gelar pahlawan nasional terhadap empat orang. Mereka yang mendapat gelar di antaranya berhasil menumpas DI/TII di Aceh,salah satunya Letjen TNI Djamin Ginting.

Pemberian gelar ini diberikan oleh Jokowi kepada perwakilan keluarga di Istana Negara Jakarta, Jumat (07/11/2014). Jokowi memberikan plakat sesuai dengan Pasal 2 UU No 20 Tahun 2009.

Adapun yang mendapat gelar yakni,Letjen TNI Djamin Ginting, tokoh dari Sumatera Utara. Ketua DPR Tahun 1950 ini pernah memimpin penumpasan DI/TII di Aceh yang dipimpin Daud Beureu’euh.

Selain itu,Letjen Djamin juga berani menentang atasannya karena memutuskan hubungan dengan pemerintah pusat. Dia melakukan itu sebagai bentuk kesetiaan kepada Indonesia.

Gelar kedua diberikan kepada tokoh Jawa Timur, Sukarni Kartodiwirjo‎. Sukarni ikut berperan dalam perumusan naskah proklamasi. Dia juga ikut mendesak Soekarno dan Bung Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan.

Tidak cuma itu, Sukarni juga berjasa dalam menggerakan kekuatan pemuda untuk mendukung pemerintahan Indonesia dan dia lah orang di balik layar dari terselenggaranya rapat raksasa di Lapangan Ikada.

‎Pahlawan berikutnya adalah Mayjen Mr H R Mohammad Mangoendiprojo.‎ Tokoh Jawa Timur ini merupakan salah satu penggerak revolusi bersama Mustopo dan Bung Tomo.

‎Dia mempunyai andil besar dalam mengambil alih aset pribadi orang-orang Belanda yang tersimpan di Bank Escompto senilai 100 juta gulden. Uang itu akhirnya digunakan untuk kepentingan perjuangan.

Yang terakhir adalah KH Abdul Wahab Chasbullah tokoh asal Jawa Timur. Dia adalah aktivis pergerakan yang berasal dari pesantren.(btk)
Foto:dok.net/

News Feed