oleh

Kurangi Kemacetan Di Jalan Pantura, Babinsa Koramil 11/Sayung Bersama Petugas Satlantas Timbun Jalan Lobang Onggorawe Dengan Material.

Demak – Banyaknya jalan berlubang di jalan Pantura Kabupaten Demak, membuat sejumlah kendaraan tersendat, mengalami kemacetan. Bahkan kemacetan tersebut hingga berkilo-kilo meter.

Untuk membantu melancarkan laju kendaraan di sekitar Onggorawe, Kecamatan Sayung, Babinsa Koramil 11/Sayung Kodim 0716/Demak Sertu Nurhasim bersama anggota Satlantas Polres Demak melakukan penimbunan material di jalan aspal tersebut.

Kerusakan jalan di kawasan jalan Pantura ini disebabkan beberapa faktor. Diantaranya air, perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material kontruksi pengerasan dan kondisi tanah yang tidak stabil.

“Setiap musim penghujan, di kawasan ini sering mengalami kerusakan jalan. Ini diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dan naiknya air kali yang berada di sebelah jalan,” ungkap Sertu Nurhasim disela-sela penimbunan.

Melihat kondisi ini, dirinya bersama petugas Satlantas yang berjaga di Pos Polisi Onggorawe berinisiatif menimbun dengan material. Dengan harapan dapat melancarkan laju kendaraan dari arah Semarang.

Kerusakan jalan ini, mengakibatkan kemacetan yang luar biasa di kawasan tersebut. Arah kendaraan dari kota Semarang tersendat dan mengalami kemacetan hingga berkilo-kilo meter jauhnya.

Nurhasim menjelaskan, sebelum melakukan penimbunan, air yang masuk dari kali sudah disedot menggunakan mesin pompa. Sehingga jalan yang berlubang terlihat oleh pengendara yang melintas.

“Walau terlihat oleh pengguna jalan, jika tidak dilakukan penggurugan segera, maka kendaraan yang melintas tetap akan memelankan laju kendaraannya. Dan akibatnya kemacetan panjang yang terjadi,” sambungnya.

Ia juga menghimbau kepada para pengguna jalan yang dari arah Semarang untuk menempuh jalur alternatif lain. Bisa melalui Mranggen, Waru atau Bulusari.

“Semoga dengan penimbunan yang kita lakukan, dapat mengurangi kemacetan. Dan semoga instansi terkait segera mengambil langkah yang lebih tepat,” tandasnya.

News Feed