oleh

KSAU: Jangan Sampai Beli Lagi F-16 yang Bekas,Kedepan Kita Beli yang Baru

OKEBUNG |
Terkait insiden terbakarnya pesawat tempur F-16 C/D 52ID dengan nomor ekor TS-1643 di Bandara Halim Perdanakusuma. TNI AU tidak akan membeli lagi pesawat bekas.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna mengaku belajar dari insiden terbakarnya satu pesawat tempur tidak akan memesan lagi pesawat bekas.

“Insiden ini sudah jelas pengalaman bagi kita,jadi kedepannya kita akan membeli pesawat yang baru. Jangan sampai membeli F-16 lagi yang bekas,” tegas Agus dalam jumpa pers di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/04/2015).

Agus menjelaskan bahwa pihak TNI AU memang tengah berencana mengganti pesawat F-5 Tiger yang menua. Pihaknya akan mengganti dengan pesawat yang baru agar tidak terjadi insiden yang merugikan.

“Kita ada rencana penggantian F-5 Tiger, dengan 2 hasil kajian kita antara Sukhoi 35 atau F-16 tipe 70 Viper,” sebut Agus seraya menyebutkan tidak mungkin ke depan kita beli lagi yang bekas.

Dia mengatakan, F-16 yang terbakar di Bandara Halim Perdanakusuma itu merupakan 1 dari 24 pesawat yang dipesan TNI AU dari Amerika Serikat saat dirinya belum menjabat KSAU.

Dari 24, baru 5 yang datang ke Indonesia. Ke 5 pesawat F-16 ini datang ke Tanah Air pada September 2014 lalu,dan 5 lagi akan dikirimkan tahun ini, dan seterusnya hingga jumlahnya 24 buah,”bebernya.

Masih dijelaskannya bahwa program penambahan 24 pesawat F-16 ini sudah sejak beberapa tahun lalu. Jadi Ini tetap akan berjalan, karena sudah program, sudah kontrak dan sudah kita bayar. Hanya, nantinya kita akan lebih mengevaluasi dengan adanya pengalaman ini,” pungkas Agus.[admin]

Foto|okezone.com\net\

News Feed