oleh

KREATIF DITENGAH PANDEMI COVID 19, PROGRAM KASAL MENYEJAHTERAKAN ANGGOTA DAN MASYARAKAT

-TNI AL-3.067 views

OKEBUNG|
Dalam situasi Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dan kreatifitas prajurit TNI AL dalam menjabarkan dan menindaklanjuti program Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., berkaitan Ketahanan Pangan memanfaat lingkungan Kesatuan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar. Kreatifitas ini ditunjukan dengan kesuksesan prajurit jajaran Lantamal V menghasilkan sebanyak lebih kurang 12 Ton ikan dan udang saat panen yang disaksikan langsung Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono di Tambak Udang Lantamal V, Semarung Ujung Surabaya, Jumat (4/12).

Pada kesempatan ini, Kasal menerima laporan hasil panen ketahanan pangan dari masing-masing Lanal jajaran Lantamal V yakni; Lanal Bali, Lanal Denpasar, Lanal Banyuwangi, Lanal Malang, Lanal Batuporon, Lanal Cilacap, Lanal Semarang, Lanal Yogjakarta dan Lanal Tegal. Hasil panennya beru Ikan seperti ikan lele, ikan Patin, ikan Nila, ikan Mujahir, ikan Sidat dan sayur-sayuran hidroponik.

Sementara itu, khusus Mako Lantamal V membudidayakan udang Vaname sebagai salah satu bentuk implementasi program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. Budidaya udang tersebut dilaksanakan dalam 4 buah kolam tambak seluas 4000 M2.

Awal pemeliharaan udang di kolam ini ditebar sebanyak 260.000 bibit dan setelah menjalani pemeliharaan selama 100 hari dan saat dipanen kali ini menghasilkan lebih kurang 4 ton yakni per kilogram sebanyak 50 ekor.

Tambak udang Vaname Lantamal V berada di bawah pengelolaan Primkopal Mako Lantamal V. Dalam pengelolaannya bekerja sama dengan sejumlah ahli budidaya udang guna melaksanakan perawatan serta pemeliharaan bibit hingga siap panen.

Selain Panen ikan dan Udang Vaname Jajaran Lantamal V juga membudidayakan berbagai komoditi sayuran, seperti Pok Cay, Sawai, Kangkung dan serta ketela.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama Mabesal, para pemimpin Kotama TNI AL, Pangkotama wilayah Surabaya dan Komandan Lantamal V.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

News Feed