oleh

Korupsi,Mantan Kabag Humas Tapteng Divonis 1 Tahun Penjara

MEDAN-OKB|
Akibat melakukan tindak pidana korupsi merugikan negara Rp 371 juta.Mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng), Johannes Simanulang divonis 1 tahun penjara oleh Majelis Hakim yang diketuai oleh Nelson Marbun pada persidangan di Pengadilan Tipikor Medan,,Kamis (14/08/2014)

Selain divonis 1 tahun penjara, terdakwa juga didenda sebesar Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Hakim juga menyatakan uang sebesar Rp 152 juta yang dititipkan terdakwa pada penyidik Kejari Sibolga sebagai uang pengganti kerugian negara.

Majelis hakim menyatakan terdakwa telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 3 ayat (1) jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

“Memutuskan Johannes Simanulang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi pada anggaran kegiatan Humas Pemkab Tapteng tahun anggaran 2005,” tegasnya.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Sibolga, Futin Laoli yang menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara dan denda sebsar Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Saya kira hukuman ini sudah sesuai, sebagai konsekuensi logis dari kelalaian saya sebagai pimpinan saya terima vonis itu,” ucap Johannes (na)

Foto:Ilustrasi/

News Feed