OKEBUNG

PORTAL BERITA MILITER

KOREM 023/KS RESMI BUKA LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

KOREM 023/KS RESMI  BUKA LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

OKEBUNG|
Korem 023/Kawal Samudra resmi buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Senin (04/12/2017). Upacara pembukaan digelar di Lapangan Upacara Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam No 1 Kota Sibolga.
Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) WS Kasrem 023/KS Letkol Inf Drs Nelson Rajagukguk mewakili Komandan Korem. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten CHK Imler Partaunan Daulay Perwira urusan undang undang Militer Korem 023/KS .

Dan peserta latihan sendiri melibatkan BPBD dan Basarnas Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga ,Kepolisian, TNI maupun Ormas. Dari unsur TNI sebanyak 150 orang sebagai pelaku sedangkan 40 orang sebagai pendukung latihan. Tentunya Tidak ketinggalan BPBD dan Basarnas kabupaten Tapanuli tengah dan kota Sibolga .

Komandan Korem 023/Ks Kol Inf Donni Hutabarat dalam amanatnya yang dibacakan oleh WS Kasrem Letkol Inf Drs Nelson Rajagukguk menekankan
LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA DI WILAYAH SIBOLGA DAN TAPANULI TENGAH BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI DAN MEYAKINKAN SAMPAI SEJAUH MANA KESIAPAN KITA SECARA KESELURUHAN, BAIK PERSONEL, MATERIIL MAUPUN SARANA PENDUKUNG LAINNYA DIDALAM MENGHADAPI BENCANA YANG SEWAKTU-WAKTU BISA SAJA TERJADI.

PENANGGULANGAN BENCANA ALAM YANG AKAN DISELENGGARAKAN INI MERUPAKAN SIMULASI PENGARAHAN KEKUATAN KOREM 023/KS DAN SATUAN BADAN PELAKSANA DIBAWAHNYA, DALAM MEMBERIKAN BANTUAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH GUNA MEMBERI-KAN PERBANTUAN PENANGGULANGAN AKIBAT BENCANA ALAM.

SESUAI YANG DIAMANATKAN UNDANG-UNDANG RI NO. 24 TAHUN 2007 TENTANG BENCANA ALAM, KHUSUSNYA KETERLIBATAN TNI DALAM PENANGGULANGAN BENCANA YANG DIWADAHI OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) DAN UNDANG-UNDANG RI NO. 34 TAHUN 2004 TENTANG TNI PASAL 7 AYAT 2 BAHWA, TUGAS POKOK TNI DILAKSANAKAN DENGAN OPERASI MILITER UNTUK PERANG DAN OPERASI MILITER SELAIN PERANG (OMSP), DIANTARA TUGAS DALAM OMSP ADALAH MEMBANTU MENANGGULANGI AKIBAT BENCANA ALAM, PENGUNGSIAN DAN PEMBERIAN BANTUAN KEMANUSIAAN.

WILAYAH SIBOLGA DAN TAPANULI TENGAH YANG TERMASUK SUATU MUSIM, DENGAN CURAH HUJAN YANG CUKUP TINGGI DAN DIIKUTI KONDISI CUACA YANG SULIT DIPREDIKSI, BAHKAN DENGAN MUDAH DAPAT BERUBAH-UBAH SECARA EKSTRIM. KONDISI SEPERTI INI SANGAT BERPOTENSI MENIMBULKAN BENCANA ALAM SEPERTI, BANJIR, TANAH LONGSOR SERTA TSUNAMI YANG SEWAKTU-WAKTU BISA SAJA TERJADI KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA. MAKA UNTUK ITU, SELAKU APARATUR NEGARA, KITA DITUNTUT UNTUK MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN SERTA KECEPATAN BERGERAK SESUAI DENGAN TUGAS YANG KITA HADAPI.

HAL INI SEJALAN DENGAN TEMA YANG DIANGKAT KALI INI YAITU “ MELALUI LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM, KOREM 023/KS BESERTA INSTANSI TERKAIT SIAP MENGHADAPI KEMUNGKINAN BENCANA ALAM YANG AKAN TERJADI DIWILAYAH”.

DENGAN TITIK FOKUS PELAKSANAKAN LATIHAN YANG AKAN DIGELAR KALI INI ADALAH PENANGGULANGAN BANJIR DAN LONGSOR.

SAYA MENYAMPAIKAN PENEKANAN KEPADA PARA PENYELENGGARA DAN PESERTA AGAR DAPAT DIPEDOMANI DALAM PELAKSANAAN LATIHAN :

PERTAMA, FAHAMI DAN HARUS MAMPU MELAKSANAKAN PROSEDUR KERJA HUBUNGAN KOMANDAN DAN STAF DALAM PERENCANAAN OPERASI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM,

KEDUA, AGAR MEMAHAMI DAN MAMPU MELAKSANAKAN KOMANDO DAN PENGEN-DALIAN OPERASI DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ALAM, DAN

KETIGA, AGAR MEMAHAMI DAN MAMPU DALAM MELAKSANAKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KOMANDAN DENGAN CEPAT DAN TEPAT SERTA PROSEDUR YANG TEPAT DALAM PENANG-GULANGAN BENCANA ALAM,

DENGAN DEMIKIAN LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA INI DAPAT TERLAKSANA DENGAN BAIK DAN LANCAR SERTA MENCAPAI TUJUAN DAN SASARAN LATIHAN YANG TELAH DITENTUKAN SEHINGGA KITA SENANTIASA MEMILIKI KESIAP SIAGAAN DAN MAMPU MENDETEKSI SEDINI MUNGKIN SEGALA PERKEMBANGAN SITUASI, KEMUNG-KINAN TERJADINYA BENCANA ALAM.

KEPADA PENYELENGGARA DAN PARA PESERTA LATIHAN, AGAR MATERI YANG TELAH DITERIMA SELAMA MELAKSANAKAN LATIHAN, HENDAKNYA BENAR-BENAR DIPAHAMI, TERUS DIPELIHARA, DITINGKATKAN DAN DIKEMBANG-KAN, DENGAN PENUH INOVASI DAN KREATIFITAS, SESUAI PERKEMBANGAN SITUASI YANG TERJADI SEHINGGA DIPEROLEH KESIGAPAN DAN KESIAPAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEDEPAN SECARA PROFESIONAL. “

“Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini disamping untuk melatihkan prajurit Korem 023/KS juga untuk mengajak dari instansi lain untuk ketemu dalam koordinasi dan kerjasamanya. Sehingga nanti pada saat terjadi Bencana alam banjir maupun longsor kita sudah siap untuk mengatasinya”. Ungkap Kasiops Korem 023/KS Letkol Inf TP Lobuan Simbolon . (Penrem023)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below