oleh

Koramil Sawangan Tanam Jagung 

OKEBUNG|
Ketahanan pangan yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama lima tahun pemerintahannya mendapat respon positif dari masyarakat umum. Hal tersebut terlihat saat puluhan tentara di bawah naungan Komando Rayon Militer (Koramil) 05 Sawangan bersama masyarakat menanam Jagung di RT2/5 Kelurahan Pengasinan, Sawangan Kota Depok, Jawa Barat.

Tidak tanggung-tanggung, para tentara bersama polisi, kelompok tani dan masyarakat setempat, menanam jagung di atas lahan 7000 meter yang dipersiapkan selama tiga minggu, mulai dari pembersihan ilalang, penggarapan lahan hingga pemberian pupuk.

Komandan Koramil 05 Sawangan, Kapten (Inf) Ibrahim mengatakan kegiatan itu dalam upaya mendukung dan membantu program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan, terutama di wilayah teritorialnya. 

“Ini menjadi program awal kami di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari, sesuai kebijakan Presiden dan KASAD agar membantu ketahanan pangan di daerah,” kata Ibrahim Dia menjelaskan, di Pengasinan pihaknya menanam benih jagung sebanyak 10 kilogram (Kg) dengan bekal hasil penataran perwakilan babinsa di Karawang beberapa waktu lalu. 

“Nanti, Babinsa pendamping, tiap hari akan memonitor dan memberikan informasi perkembangan bibit,” papar Ibrahim. 

Ibrahim mengungkapkan, hasilnya nanti akan dimanfaatkan penggarap dan masyarakat, serta dijual ke koperasi TNI Pusat. Sehingga dapat membantu ketahanan pangan di wilayah ini.

 “Nanti kami lihat hasilnya seperti apa dengan babinsa yang mengikuti penataran,” kata dia. Dia menambahkan, selanjutnya Koramil Sawangan akan mempersiapkan lahan untuk digarap di Kecamatan Bojongsari, yakni di Kelurahan Bojongsari Baru dan Serua.

“Rencanannya Jumat, kami akan menggarap lahan 4000 meter untuk jagung dan 2 hektar untuk padi di Kelurahan Serua,” tandasnya. 

Sementara, Kapolsek Sawangan, Komisaris Saderi mengatakan, pihaknya akan mendukung program pemerintah, terlebih bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan seperti ini.

 Meski begitu, Kapolsek mengharapkan agar masyarakat yang tidak memiliki lahan luas seperti ini, bisa menanam di polyback atau pot, sehingga seluruh masyarakat bisa ambil bagian. 

“Seperti program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ditanam di teras, meski kecil tapi manfaatnya banyak,” ujarnya. Dia yakin, dalam waktu dekat, sudah bisa swasembada di salah satu komuditi yang sedang digalakan dan tidak harus mengimpor dari negara lain. 

“Kami dari Polri, khususnya yang ada di Polsek Sawangan, siap bermitra agar tercapai ketahanan pangan,” tutupnya. Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri Kasi Trantib Kecamatan Sawangan, Dedi Kusmayadi, Sekretaris Lurah (Sekkel) Kelurahan Pengasinan, Sahrul Hidayat , Kasi Kemas Kelurahan Pengasinan, Supriatin, Ketua Mitra Koramil, R Thomas Avianto, PPL Sawangan, Herlangga, kader PKK, kelompok tani dan masyarakat setempat.[ryan]

News Feed