oleh

Komjen Pol Buwas : Lapas Jadi Sarang Peredaran Narkoba

OKEBUNG|
Bukan rahasia umum lagi kalau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ataupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) saat ini kerap dimanfaatkan para sindikat narkoba untuk mengedarkan narkoba.Buktinya sudah banyak di Lapas para sindikat yang sedang ditahan bisa menjalankan bisnia haramnya itu.

Yang seharusnya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi tempat pembinaan para narapidana malah menjadi habitat baru bagi tumbuh kembangnya peredaran narkoba.

“Lapas menjadi tempat baru untuk peredaran narkoba,” kata anggota Komisi III DPR RI, Nasir Jamil, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (04/02/2016).

Dia juga mempertanyakan perihal kerja sama BNN dengan Dirjen Lapas.

Komjen Budi Waseso mengakui memang ada kerja sama dengan Dirjen Lapas. Namun upaya itu bukannya tanpa hambatan. Pasalnya, tidak sedikit oknum sipir penjara terlibat peredaran narkoba dalam Lapas yang dijaganya.

“Itu juga ada temuan, peredaran di Lapas itu nyata,” ujarnya membenarkan pernyataan Nasir Jamil.

“Dan kemarin kita sudah membuktikan TPPU terhadap jaringan transaksi di Lapas bisa kita ungkap. Kurang lebih Rp 17 miliar yang kita sita dari transaksi di Lapas. Memang di Lapas itu terjadi. Kita sering mengalami hambatan ketika kita akan melakukan tindakan pengungkapan jaringan di Lapas,” pungkasnya. (rmol) (Red)

Foto : Komjen Pol Budi W/ Dok.Net.

News Feed