oleh

Komjen Pol Budi Tersangka, Polri Praperadilankan KPK

OKEBUNG|
Terkait dijadikannya Komjen Pol Budi Gunawan menjadi tersangka oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan kasus rekening tak wajar,akhirnya Mabes Polri mempraperadilankan KPK ke Pengadilan Jakarta Selatan.

“Sudah diajukan kemarin ke PN Jaksel,” ujar Kepala Divisi Pembinaan dan Hukum Inspektur Jenderal Moechgiarto saat dihubungi, Selasa, (20/01/ 2015). Namun dia mengaku tidak tahu secara detail materi gugatan. “Yang mengajukan bukan saya,” ujarnya.

Terpisah,Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Ronny Sompie menuturkan instansinya mempraperadilankan KPK sebagai sebuah sikap kritis terhadap masalah hukum yang menyeret Budi Gunawan. “Kami melakukan sesuai dengan jalur hukum yang ada,” katanya.

Dalam menyusun gugatan materi praperadilan, Kata Ronny tim hukum meminta bantuan para ahli hukum.
“Sehingga, masukan ahli-ahli hukum itu jadi dasar mengajukan gugatan ke praperadilan,” ujar Ronny.

Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Selasa, 12 Januari 2015. Mantan ajudan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri itu dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat (2), Pasal 11, atau Pasal 12 B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Namun sebelumnya,Komjen Pol Budi Gunawan menampik semua transaksi keuangannya tidak wajar. Salah satu buktinya, menurut lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1983 itu, adalah surat hasil penyelidikan yang telah dikeluarkan Bareskrim pada 2010.(tmp\admin)
Foto:dok\okebung.\

News Feed