oleh

Kombes Martinus Sitompul: Hingga H+1 Lebaran, 35 Nyawa Melayang di Jalur Mudik Jabar

BANDUNG -OKB|
Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas sejak H-6 hingga H+1 Lebaran 2014 menurun hingga 60 persen dari tahun lalu.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan, meski jumlah kecelakaan turun, namun jumlah korban meninggal dunia meningkat hingga menembus angka 29 persen.

“Tahun 2013 jumlah kecelakaan sampai H+1 mencapai 99 kejadian. Sedangkan ditahun ini hanya 40 kejadian saja,” jelasnya, Kamis (31/07/2014).

Sedangkan, kata dia, jumlah korban meninggal dunia di tahun ini mengalami peningkatan yakni 35 orang dari yang sebelumnya hanya 25 orang.

Lebih lanjut Mantan Kasat Reskrim Polresta Medan ini mengungkapkan, jumlah korban meninggal terbanyak terjadi pada H-2 Lebaran 2014 dengan enam korban meninggal dunia.
 
Menurutnya, lokasi kecelakaan yang terjadi kebanyakan berada di kawasan Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon, Kabupaten Banjar, Kota Ciamis, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tasimalaya, dan beberapa tempat lainnya.

“Jumlah kendaraan yang mendominasi kecelakaan dari keseluruhan jumlah kecelakaan masih dari kendaraan roda dua dengan 49 kecelakaan, sementara kendaraan roda empat sebanyak 26 kendaraan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dalam arus balik kali ini jumlah kecelakaan bisa diminimalisir dengan mengutamakan facktor keselamatan dari pemudik sendiri.

“Cek kendaraan sebelum berpergian, istirahat secukupnya, tidak kalah penting adalah jangan terburu-buru dan saling susul saat berkendara, dan terakhir ikuti rambu dan petunjuk dari anggota yang ada di lapangan. Dengan memperhatikan itu semua diharapkan kecelakaan bisa terhindarkan,” tandassnya. (Okz)(net)

Foto :Kombes Pol Martinus Sitompul/MSi/Net/

News Feed