oleh

Kombes Helfi Assegaf :Terlibat Perampokan,Dua Anggota Polsek Patumbak Terancam Dipecat

OKEBUNG|
Pasca diamankannya dua anggota Polsek Patumbak, Brigadir Viet Pardede dan Brigadir Ben Chandra Sinaga dalam kasus perampokan dikediaman Suyanto (36) ternyata bisa membuat keduanya terancam dipecat dari kedinasan.

Terancamnya sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan.terhadap keduanya karena diduga terlibat pencurian dengan kekerasan (curas) dan pemerasan terhadap bandar narkoba, Susyanto.

“Perintah Pak Kapolda, segera kita lakukan sidang komisi kode etik kepolisian. Apabila sudah dinyatakan tidak pantas jadi anggota polri, sesuai ketentuan yang berlaku bisa dipecat,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf kepada wartawan, Senin (05/01/2015)

Namun, sebut Helfi, pihaknya masih mendalami pelanggaran pidana yang dilakukan kedua anggota Polsek Patumbak tersebut, apakah pencurian dengan kekerasan (curas) atau pemerasan.

“Kalau uang sebesar Rp 15 juta itu mereka ambil sendiri, berarti pencurian dengan kekerasan. Tapi kalau mereka menerima dari seseorang, berarti pemerasan,” ungkap Kombes Helfi.

Dia menjelaskan bahwa keduanya akan secepatnya disidang kode etik kepolisian sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) RI No 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota kepolisian dengan ancaman maksimal PTDH.

“Keduanya juga disangka melanggar pasal 13 ayat 1 PP RI No 1 tahun 2003, pasal 7 ayat 1 Peraturan Kapolri (Perkap) No 14 tahun 2011, anggota polri wajib menjalankan tugas secara profesional, proporsional dan prosedural,”tegasnya.

Lanjutnya,saat ini pihaknya sedang melakukan pengejaran seorang tersangka Bambang. Kepolisian telah berhasil meringkus dua anggota Polsek Patumbak, Brigadir Viet Pardede dan Brigadir Ben Chandra Sinaga serta seorang mantan anggota Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pamobvit) Polda Sumut, Enriko.

“Saat ini kasusnya tengah ditangani Polresta Medan dan dibackup Subdit III/Jahtanras Direktorat Reskrimum Polda Sumut,” pungkas Kombes Helfi.(El)

Foto:dok/net/

News Feed