oleh

Kodim 0509/Kab Bekasi Siapkan Dua Kolam Untuk Pengairan Lahan 

OKEBUNG|
Kodim 0509/Kabupaten Bekasi membuat dua kolam tadah hujan sepanjang 150 meter dengan lebar 3 meter kedalaman 2,5 m, ‎nantinya akan mengairi 39 ha sawah dan 1 ha kebun Kodam Jayakarta di Kampung Selang Jati,Desa Wanajaya, Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Tim teknologi Ketahanan pangan Kodam Jaya, Yedid Nenobais didampingi ‎Bati Tuud Koramil 05/Cibitung Pelda Puji Iswoyo‎ dan Pelda Maskur KS mengatakan, dengan melihat kondisi sawah yang jauh dari irigasi teknis, maka dibutuhkan tandon atau kolam tadah hujan untuk mengaliri air ke sawah maupun kebun.kegiatan ini direncanakan 3 hari selesai. ”yang kami buat ini untuk tandon air, guna mengairi 39 Ha sawah dan 1 Ha tanaman Jagung” ujarnya.

Tim teknologi ketahanan pangan menjelaskan, untuk 39 Ha memang membutuhkan pengairan yang tidak sedikit apalagi ketika pada musim kemarau benar-benar kekurangan air sehingga diperlukan tandonan air untuk antisipasi musim kemarau. Oleh karena itu dirinya  ditunjuk sebagai tim teknis ketahan pangan Kodam Jaya dan ditempatkan di Kodim 0509/ Kab.Bekasi.

Dengan tidak adanya irigasi teknis  yang di buat Pemda Kabupaten Bekasi, dirinya atas dasar keluhan masyarakat melaporkan ke pihak Koramil 05/ Cibitung yang kemudian dilanjutkan kepada Dandim 0509/ Kabupaten Bekasi. Yang kemudian Kodim 0509 merespon dan lakukan tindakan. 

“Kali gendong akan dinormalisasi kemudian dari pintu air  kali gendong akan disalurkan ke tandon air dengan jaraknya 700 meter,” ucapnya.[rel]

News Feed