oleh

Kodim 0509 Bekasi Panen Jagung Perdana

OKEBUNG |
Komando Distrik Militer (KODIM)  0509 Kabupaten Bekasi memberikan hasil panen perdana jagung manis kepada masyarakat desa Wanajaya Kecamatan Cibitung. 

Komandan Kodim 0509/Kab Bekasi, Letnan Kolonel Inf Nurdianto, mengatakan, “Lahan jagung seluas satu hektar ini merupakan kebun jagung dari masing-masing koramil yang berada di Kabupaten Bekasi. Yang penggarapannya dilakukan bersama masyarakat setempat sebagai persiapan dari anggota TNI yang akan pensiun.”

Sumbangsih TNI kepada masyarakat Kabupaten Bekasi, khususnya KODIM 0509 tidak hanya sebatas pemberian jagung hasil panen dari lahan yang dimiliki oleh KODIM 0509 saja. Melainkan juga pembuatan kolam penampung air guna mengatasi kekeringan di kala musim kemarau.

 “Kita juga akan lakukan normalisasi sungai Gendong. Agar pada musim kemarau nanti, areal persawahan dapat air yang cukup.” Lanjut Letkol Nurdianto.

Adapun areal persawahan di Kecamatan Cibitung yang pengairannya tergantung dari sungai Gendong adalah seluas 120 hektar terdapat di desa Wanajaya Kelurahan Wanasari seluas 50 hektar, Desa Kerta Mukti 400 hektar, Desa Muktiwari 470 hektar, Desa Sarimukti seluas 400 hektar. Selebihnya berada dikecamatan Tambelang dan Kecamatan Tambun Utara.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, ”Apa yang kita lakukan ini, upaya mewujudkan ketahanan pangan dan upaya mendukung pemerintah untuk swasembada pangan. Insya Allah, pada hari selasa kita akan mengadakan pengubinan dan pada awal Mei kita akan lakukan panen perdana padi Benih Banyak Sekali (BBS). Yang ditanam Panglima Daerah Militer (Pangdam) Jaya dan Bupati Bekasi pada beberapa waktu lalu.” Tutup Komandan Kodim.

Dalam upaya membuat kolam penampung air dan normalisasi sungai, jajaran KODIM 0509/ Kabupaten Bekasi mendapatkan bantuan pinjaman alat berat dari PT. Gunung Garuda.[rel]

News Feed