oleh

Kodim 0508/Depok Tak Pernah Lelah Bersihkan Sampah Ciliwung

OKEBUNG|
Target mewujudkan Sungai Ciliwung bersih di wilayah Kota Depok merupakan sasaran utama jajaran Kodim 0508/Depok. Aksi bersih terus dilakukan secara rutin setiap Rabu dan Minggu dengan menyisir sampah baik yang ada di aliran dan bantaran sungai.

Puluhan anggota diterjunkan dilengkapi dengan peralatan penunjang seperti golok, gergaji, karung, perahu karet dan lainnya. Lokasi pembersihan dibagi dalam tiga titik sepanjang 20 kilometer.

“Target kita adalah menjadikan kali ciliwung bersih, jernih dan lancar. Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah DKI Jakarta, Kodam Jaya dan Panglima TNI yang juga dilaksanakan sampai ke hilir,” ujar Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa, kemarin

Dandim juga mengaku, volume sampah berkurang semenjak dilakukannya aksi bersih beberapa bulan ini. Namun demikian sampah selalu ada selama air masih mengalir.”Kita sisir sampah-sampah itu setiap harinya menggunakan perahu karet,”tegasnya.

Santosa mengatakan pihaknya siap turun ke kali kapanpun apabila dibutuhkan, tidak hanya Rabu dan Minggu, misalnya ketika banjir usai hujan.

Bermodal empat buah perahu karet dan empat gergaji pohon, para pasukan menyisiri kali, Berbagai kendala sempat dihadapi, seperti terbatasnya sarana dan alat yang digunakan serta medan yang curam. Namun, semua itu terkalahkan dengan semangat personel yang memiliki satu tujuan untuk menjadikan Ciliwung bersih.[rel]

News Feed