oleh

Kodim 0508/Depok dan Mahasiswa Gunadarma Bersihkan Kali Ciliwung

OKEBUNG|
Sejumlah personil Kodim  0508 Depok mengadakan kegiatan Darmabakti “Operasi Bersih Kali Ciliwung” bersama mahasiswa & Komunitas Pencinta Ciliwung. 

Personil  Kodim 0508 yang dipimpin Dandim,Letkol (Inf) Santosa bersama Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma, KNPI, Komunitas Pencinta Ciliwung dan Masyarakat Depok sejak pukul 07.00 hingga 12.00 WIB melakukan operasi pembersihan di sekitar pinggir kali Ciliwung mulai dari Kolong Jembatan Ir.H. Juanda sampai Ke kawasan Kelurahan  Kemiri Muka. 

“Para Personil TNI dari KODIM/0508 Depok serta KORAMIL sudah siaga di tempat mulai dari Subuh untuk membersihkan Kali Ciliwung”, tutur Letkol Inf Santosa.

Sementara itu masih di tempat yang sama, se-kelompok mahasiswa dari Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma juga ikut membantu personil TNI membersihkan sampah yang sangat banyak & menumpuk di pingiran kali Ciliwung.

Menurut Elmy Pajrial, Sekretaris Umum LISUMA Gunadarma, Saat Ini sangat kurang sekali kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungannya sendiri. “Lihat saja betapa banyaknya tumpukan-tumpukan sampah yang ada di pinggiran kali Ciliwung,”kata Elmy.

Masalah sampah di Kali Ciliwung merupakan hal yang sangat serius dan harus dituntaskan.Selain itu kesadaran masyarakat juga harus di tingkatkan.

“Saya harap Pemkot Depok bisa mengajak warganya untuk menjaga dan melestarikan Kali Ciliwung dengan cara sosialisasi atau penyuluhan tentang manfaat dari air sungai sehingga warga bisa memanfaatkan kali ini sebagaimana mestinya, bukan hanya untuk pembuangan sampah saja. Kalau perlu penjarakan saja mereka yang merusak Kali Ciliwung,”tegas Emly.

Ia juga menambahkan bahwa masalah Kali Ciliwung bukan hanya tanggung jawab Pemkot Depok saja tapi juga Pemkot Bogor & DKI Jakarta karena letak geografis dari Kali Ciliwung yang melewati kota –kota tersebut. “Pemkot Bogor, Depok & DKI harus memikirkan & memberi solusi untuk menjaga dan bisa Melestarikan kali Ciliwung ini”, harapnya.[rel]

News Feed