oleh

Kodiklatad Bersama Pussenarmed dan Pussenkav gelar Bhakti Sosial di Sukabumi

-Puspen TNI-12.919 views

OKEBUNG|
Kedekatan dengan masyarakat merupakan bagian dari TNI sebagai tentara rakyat yang telah dilaksanakan sejak jaman perjuangan Kemerdekaan, dan kini salah satu perwujudannya yakni melalui bhakti sosial.

Hal ini ditegaskan Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto S.Sos dalam sambutannya saat diterima oleh Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi di balai kota Sukabumi, Sabtu (25/1/2020).

Lebih lanjut Dankodiklatad mengatakan bahwa kegiatan sosial yang dilaksanakan di Sukabumi ini merupakan kegiatan yang sudah bertahun-tahun dilaksanakan. Khususnya di Sukabumi, Dankodiklatad sendiri pernah memimpin misi kemanusiaan pencarian korban jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak pada bulan Mei 2010 yang berada antara Bogor dan Sukabumi.

“Kita punya tenaga dan alat yang dapat dipadukan dengan unsur pemerintah daerah sehingga dapat membantu pembangunan dan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. Dankodiklatad memberi tahu cara untuk dapat menjangkau masyarakat di daerah yang susah dijangkau, yakni dengan menggunakan kendaraan offroad. “ Tanpa komando, kami dapat eksis langsung menggunakan kendaraan offroad serbaguna bisa masuk ke masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Walikota dengan didampingi oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M. menyambut kedatangan Dankodiklatad beserta rombongan di Sukabumi. “ Selamat datang, selamat menikmati suasana alam, jajanan serta kuliner Sukabumi, mudah-mudahan suasana baik senantiasa muncul, wilujeng sumping,” sambut Walikota. Acara dilanjutkan dengan adanya pertukaran cinderamata baik dari Walikota maupun Bupati kepada Dankodiklatad.

Adapun kegiatan bhakti sosial bersama Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) bertempat di Lapangan Bojong Kopo, Desa Loji Kecamatan Simpenan yang diadakan dalam rangka HUT Kavaleri Angkatan Darat ke-70. Sebanyak 250 buah paket sembako serta 61 paket alat tulis bagi siswa SD dan SMP. Pembagian sembako dilaksanakan oleh Dankodiklatad beserta Danpussenkav, Brigjen TNI Ana Supriatna, S.I.P, M.Si. Selanjutnya Dandim 0622/Kab Sukabumi, Letkol Arm Suyikno dalam keterangannya mengatakan bahwa adanya bhakti sosial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Sementara di Kampung Tegalpari Kelurahan Gunungpuyuh, kegiatan bhakti sosial diadakan bersama dengan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) yang berupa pembangunan Mushola As Salaam dan rehab rumah. Pengguntingan pita peresmian Mushola As Salaam dilaksanakan oleh Dankodiklatad dengan didampingi oleh Danpussenarmed, Brigjen TNI Purbo Prastowo. Adapun donasi untuk perlengkapan mushola seperti perlengkapan sholat, Al Quran, dan karpet diberikan oleh alumni Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran. Sebagai tambahan, diberikan pula 400 buah bingkisan sembako yang merupakan donasi dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kab Sukabumi yang diketuai oleh Ibu Ning Wahyu Astuti.

Kegiatan masih dilanjutkan pada hari Minggu (26/1/2020) berupa penanaman 550 pohon berbagai jenis seperti kelapa, mangga dan mangrove yang dilaksanakan di sekitar lokasi Geopark Ciletuh yang berguna untuk menahan laju gelombang air, mengurangi abrasi dan mengembalikan fungsi tanah gundul sehingga terbentuk ekosistem yang baik.

Turut hadir dalam rangkaian acara ini, yaitu Wadankodiklatad, para Direktur, Inspektur, para Danpussen dan para Danpusdik jajaran Kodiklatad. Komunitas yang ada seperti IOF Sukabumi, AA 87C, Land Rover Club Bandung, Land Rover Sukabumi, DCAB, dan juga Forkom Alumni Tek Geo Unpad. (Penerangan Kodiklatad)

News Feed