oleh

Kodam II/Swj Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

 
OKEBUNG|
Dalam sejarah perjuangan bangsa, hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa kita. Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme,yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu negara indonesia yang berdaulat.

Untuk itu,sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan berbegara, Kodam II/Swj, Rabu (28/10/2015) melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-87 tahun 2015, bertempat di lapangan Makodam II/Swj – Palembang.

Nilai-nilai luhur yang dikrarkan para pemuda Indonesia pada peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah nilai-nilai kebangsaan dan sumpah setia, ”satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia”, serta semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda,yang dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak,S.I.P.M.Sc.ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan dan pendahulu, dan pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan do’a.

Selain itu,juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928,yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong java, Yong Sumatera, pemuda Indonesia, Sekar Rukun,Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond,Yong Celebes,Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M. Sc., ketika membacakan sambutan tertulis Menpora Imam Nahrawi pada Upacara Peringatan Hari SumpahKe – 87 Tahun 2015 menyampaikan bahwa salah satu ikrar penting dalam Sumpah Pemuda 1928 adalah “satu tanah air”, tanah air Indonesia”.

Poin ini memberikan tekanan yang sangat kuat kepada para pemuda akan pentingnya menjaga tanah dan air sebagai bagian penting dari komponen bumi yang kita pijak ini demi keberlangsungan masa depan generasi penerus kita.

Oleh karena itulah pada kesempatan tersebut, sesuai dengan Tema Peringatan Sumpah Pemuda, yakni, “Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi “Satu Untuk Bumi”. Menpora  mengajak Pemuda Indonesia menjadi khafilah fil ard (pemimpin bumi) yang baik, adil dan bertanggungjawab.

“Hanya dengan menjaga dan merawatnya kita bisa menjaga keberlangsungan bumi hingga masa yang akan datang seiring dengan pembangunan peradaban kita,” tandas Imam.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut juga dihadiri oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Asisten Kasdam II/Swj, Dan / Kabalak Kodam II/Swj, segenap para prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.

Usai melaksanakan Upacara, seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj yang beragama  Islam melaksanakan Sholat Duha dilanjutkan dengan Sholat Istisqo’ (minta hujan) berjama’ah di lapangan Makodam II/Swj.[rel]

News Feed