oleh

Kodam I/BB Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

OKEBUNG|
Kodam I/BB memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H,bertempat di Masjid As Syakirin yang berada di Jalan Gaperta Medan, Minggu (18/01/2015) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kasdam I/BB,Brigjen TNI Cucu Sumantri menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI yang hadir untuk lebih memahami dan mempelajari secara utuh kepribadian Nabi Muhammad SAW.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita laksanakan ini sesungguhnya merupakan momen yang sangat tepat untuk mengkaji ulang sisi kehidupan Rasulullah , tidak saja beliau sebagai seorang Nabi pembawa risalah keagamaan, tetapi, pada aspek kemanusiaan sebagai misi rahmatan lil alamin,”sebut Kasdam 1 /BB.

Kita semua umat muslim mengetahui keberhasilan beliau membangun dimensi spiritual yang didasari oleh nilai-nilai keagamaan, sinergi dengan membangun nilai-nilai kemanusiaan ternyata sangat efektif menempatkan beliau sebagai tokoh yang menjadi suri teladan bagi umat manusia. 

Oleh karena itu, Maulid Nabi Muhammad SAW, hendaknya tidak sebatas kegiatan rutinitas saja, tetapi dijadikan sebagai wahana untuk pencerahan yang dapat menumbuhkan motivasi bagi peningkatan kualitas diri, untuk mendukung pelaksanaan tugas, sebagaimana tema peringatan, Maulid Nabi Muhmmad SAW yaitu,

”Mari Kita Jadikan Ketauladan Nabi Muhammad SAW Dalam Mengemban Amanah, Sebagai Prajurit TNI Dan Polri Kita Senantiasa Menjalin Tali Persaudaraan Yang Kokoh”.

Dengan semangat persatuan dan kesatuan, segala persoalan dan permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dapat diselesaikan dengan baik, bermartabat, menjunjung tinggi etika dan moralitas. Memelihara kesatuan dan persatuan adalah pekerjaan yang sangat mulia, yang merupakan aplikasi dari akhlak Nabi Muhammad SAW, “harap Kasdam I/BB.
 
Lebih lanjut Kasdam I/BB mengajak seluruh prajurit TNI dan anggota Polri harus memahami dan mempelajari secara utuh kepribadian Nabi Muhammad SAW, sehingga diperoleh hikmah yang besar dan dapat memberi kontribusi bagi keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita jadikan referensi untuk membangun semangat dan motivasi baru, guna meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita yang pada gilirannya akan mempengaruhi kualitas pengabdian sebagai warga masyarakat sekaligus sebagai prajurit sapta marga dan anggota Polri pengawal dan benteng terakhir bangsa, “jelas Kasdam I/BB.

Selanjutnya, Kasdam I/BB mengucapkan terima kasih kepada bapak Dr. H. Muzakir, M.A. atas kesediaannya menyampaikan uraian hikmah Maulid Nabi Muhammad Rasulullah SAW 1436 H / 2015M.

Usai melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kasdam I/BB menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kaum Dhuafa sebanyak 1 Ton Beras.
 
Sementara itu,Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis MM memberikan bantuan ke Masjid As Syakirin sebesar 25 juta guna mewujudkan sarana dan prasarana masjid tersebut dan mudah-mudahan sumbangan saya dapat bermanfaat untuk pembangunan masjid tersebut.
 
Hal senada juga dikatakan,Ketua BKM As Syakirin Letkol Ckm Drs. Djarot Wurdiatmo, Apt dalam sambutannya menyampaikan, awal pembangunan Masjid As Syakirin dimulai dari warga Kodam I/BB yang sekarang sudah purna tugas dan dilanjutkan oleh generasi penerus warga Kodam I/BB sampai kondisi saat ini.

Adapun kegiatan Masjid As Syakirin yakni,sholat berjemaah dengan warga setiap sholat lima waktu.Melaksanakan pengajian dan perwiritan di masjid maupun di tempat warga sekitarnya.

Selain itu,selalu memperingati hari-hari besar Islam,pemberian infak dan sedekah bagi kaum dhuafa dan anak yatim. Kegiatan Ijab Qabul dalam Aqad nikah dan melaksanakan pendidikan Islam bagi anak-anak warga Kodam I/BB di Komplek Gaperta maupun diluar komplek ini.
 
Hadir dalam Maulid Nabi Muhammad SAW ini, Sekda Kota Medan,Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Sosbud, Kadishub Kota Medan, Kazidam I/BB, Kapaldam I/BB, Kababinminvetcaddam I/BB, Wakabintaldam I/BB, Dandim 0201/BS, Kapolsek Medan Helvetia, Para Wadanyon BS Se-wilayah Medan,seluruh perwakilan Batalyon BS dan seluruh perwakilan Polri, serta masyarakat di sekitar Jalan Gaperta Medan. (rel)
 
Foto:ist

News Feed