OKEBUNG

PORTAL BERITA MILITER

Kodam I/BB dan Poldasu Rakor PAM Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo

Kodam I/BB dan  Poldasu Rakor PAM Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo

OKEBUNG|
Acara Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo di Kota Medan, Sumatera Utara, sudah semakin dekat. Untuk itu, jajaran Kodam I/BB dan Polda Sumut menggelar rapat koordinasi pengamanan kehadiran rombongan keluarga besar RI-1 dari Solo, Jawa Tengah, di kota ini.
Rakor yang digelar di Makodim 0201/BS, Rabu (15/11/2017) siang, dipimpin langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Rakor membahas teknis pengamanan VVIP (Very Very Important Person), baik terhadap Presiden Jokowi langsung maupun kepada keluarga besarnya.
Pangdam I/BB berharap, dengan memantapkan koordinasi antara personel TNI-POLRI di lapangan, maka segala kegiatan dapat berjalan dengan lancar, khususnya selama RI-1 dan keluarga besarnya berada di Medan sampai kepulangan ke ibukota dan Solo.

Hal senada juga disampaikan Kapoldasu. Dijelaskannya, pengamanan akan memakai skema ploting masing-masing personel TNI dan POLRI di lapangan, khususnya untuk pengaturan lalu lintas agar tetap kondusif selama kegiatan pesta pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu berlangsung.

“Euforia masyarakat dalam menyambut pelaksanaan resepsi adat ini diprediksi akan sangat padat. Presiden RI akan membawa simbol simbol budaya Solo, Batak, dan Mandailing, sehingga akan semarak dan mendapat nilai menjadi momen yang baik untuk masyarakat,” kata Kapoldasu.

Untuk itu, baik Pangdam I/BB maupun Kapoldasu sama-sama sepakat untuk mempertebal pengamanan. “Jajaran Polres se-Sumatera Utara sudah di persiapkan untuk mengirim bantuan personel,” imbuh Kapoldasu.

Dalam rapat juga dibahas masalah perubahan cuaca yang menjadi salah satu faktor yang tidak dapat diprediksi, sehingga harus dipersiapkan sebaik-baiknya.

Sementara itu bantuan dukungan dalam pelaksaan pengamanan secara garis besar juga telah disetujui oleh Gubernur Sumut.

Rapat juga membahas terkait daftar undangan yang terdiri dari tokoh nasional dan tokoh Sumut, legislatif, dan pengusaha. Juga dibahas masalah kepastian dari kehadiran tokoh adat, dan perhatian terhadap kedatangan maupun kepulangannya.

“Kita juga akan membuat posko-posko untuk personel yang sedang melaksanakan pengamanan untuk dapat beristirahat. Presiden RI tidak ingin kegiatan masyarakat terganggu karena adanya kegiatan ini,” timpal Pangdam I/BB.

Baik Pangdam I/BB maupun Kapoldasu berharap, menjelang pesta pernikahan ini agar satuan TNI-POLRI dapat melaksanakan cipta kondisi baik jarak jauh maupun dekat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Kodim 0201/BS dan Polrestabes Medan diharapkan untuk bekerja mensukseskan pengamanan pesta pernikahan anak Presiden RI. Agar segala kegiatan dikomunikasikan dengan Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut,” tukas Mayjen TNI Cucu Somantri.

Usai rakor, rombongan bergerak menuju Kompleks Bukit Hijau Regency (BHR), Setia Budi, Medan yang merupakan lokasi pesta akbar Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu.

Rakor turut dihadiri Panglima Kosekhanudnas III Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, Komandan Lantamal I Laksma TNI Ali Triswanto, Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang, para Asisten Kodam I/BB, Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandy Nugroho, Dansat Brimob Poldasu Kombes Pol Zulfikar Tarius, para Danyon jajaran Kodam I/BB, dan jajaran perwira TNI dan Polri. (Red/pendam I)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below