oleh

Kodam 1/BB Terima Kapal Motor Cepat Komando dari TNI-AD

OKEBUNG|
Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri menerima Kapal Motor Cepat Komando Dari TNI AD di Dermaga Gudang Arang Belawan, Rabu (20/05/2015).

Dalam  sambutannya  Pangdam I/BB Mayjen TNI  Edy Rahmayadi yang dibacakan Kasdam I/BB mengucapkan selamat datang kepada Dirbekangad Drs. Tasenga Talilah, M. Phil dan rombongan di pelabuhan Belawan.

Penyerahan Kapal Motor Cepat Komando, merupakan komitmen dan kesungguhan dari pimpinan TNI AD guna  memenuhi dan melengkapi sarana dan prasarana dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/BB.

Kapal Motor Cepat Komando merupakan hasil rancang bangun tenaga ahli dan perwira Ditbekangad dengan melibatkan tenaga ahli dari ITS serta tenaga pelaksana dari PT. Tesco Indomaritim dan di produksi Tahun 2013.

Selanjutnya Kasdam I/BB menyampaikan apresiasi dan menyambut gembira atas perhatian pimpinan TNI AD. untuk itu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Kasad dan Dirbekangad serta Direktur PT. Tesco Indomaritim atas penyerahan 1 unit Kapal Motor Cepat Komando dengan karakteristik jenis Fast Attack Craft (kapal serang cepat).

Kapal ini digunakan untuk mendukung kelancaran transportasi angkutan air dan pergeseran pasukan di wilayah Kodam I/BB apabila jalur darat tidak memungkinkan dan dapat digunakan untuk pelayanan tamu VVIP serta mendukung kesiapan satuan dalam menghadapi situasi darurat lainnya.  

Sangatlah tepat pimpinan TNI AD memberi bekal materiil alat angkut air berupa 1 unit Kapal Motor Cepat Komando untuk  Kodam I/BB, yang memiliki kondisi geografi wilayah perairan laut yang cukup luas, sehingga membutuhkan sarana transportasi air guna mendukung tugas Kodam I/BB yang membawahi empat provinsi dapat berjalan lebih optimal.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan penekanan kepada Kabekangdam I/BB beserta Dansat jajarannya terutama kepada anggota yang mengawaki kapal yang baru ini, untuk komitmen mampu mengawaki, merawat dan menggunakan dengan penuh rasa tanggung jawab yang tinggi.

Kelalaian dan ketidak sungguhan serta rendahnya rasa tanggung jawab dalam merawat dan mengawaki kapal, akan berakibat fatal terhadap keselamatan personel dan kerugian materiil serta citra satuan, untuk itu rawat dan gunakan kapal ini secara proporsional agar panjang usia pakainya, saat ini ada beberapa kapal yang dimiliki Kodam I/BB, namun yang tercanggih dan paling modern adalah kapal yang baru ini, dan mengajak untuk mencoba serta menikmati manuver yang dilakukan oleh kapal canggih buatan dalam negeri yang menjadi kebanggaan TNI AD, bangsa dan negara.

Dalam sambutannya Dirbekangad Drs. Tasenga Talilah, M. Phil mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI AD yang telah memberikan salah satu wujud kesungguhan dan kepercayaan pimpinan TNI AD dalam upaya mengembangkan alusista dan meningkatkan sarana pendukung tugas pokok Ditbekangad dalam rangka menghadapi tuntutan dan tantangan tugas kedepan.

Dalam pengembangan alusista TNI AD dengan mitra kerjanya telah menyelesaikan pembangunan pembuatan KMC Komando dimana alat angkut modern tersebut merupakan produksi dalam negeri yang dikerjakan oleh PT.Tesco Indomaritim.

Tahun ini Kodam I/BB telah mendapatkan alokasi 1 unit KMC Komando hasil pengadaan TNI AD yang digunakan untuk mendukung angkutan air dalam rangka pergeseran pasukan di wilayah Kodam I/BB.

Sebelum Kapal Motor Cepat  Komando ini diserahkan kepada Kotama, terlebih dahulu  sudah dilaksanakan beberapa proses diantaranya melalui pengawasan teknis dari tim ahli serta sudah diuji coba oleh tim kelaikan sehingga standart kualitas kemampuan berlayar dapat terpenuhi.

Bahwa KMC Komando yang dimiliki oleh TNI AD merupakan KMC yang pertama kali digerakkan dengan menggunakan tenaga dorong water jet oleh karena itu diharapkan bagi satuan pengguna hendaknya agar dengan sungguh-sungguh merawat dan melihara sebaik-baiknya sehingga selalu siap untuk operasional serta dapat mencapai usia pakai yang maksimal.

Hadir dalam acara tersebut Danlanud Soewondo Medan Para Sahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Dansat Sewilayah Medan, OKP dan Ormas.[ryan]

News Feed