oleh

Kelompok Militan ISIS Culik 40 Pria di Irak

OKEBUNG|
Kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) menculik sekira 40 pria dari sebuah kota di Provinsi Kirkur, Irak. Dikabarkan, pria-pria itu dipaksa masuk ke dalam mobil.

Warga di Kota Hawija mengatakan, mereka tidak tahu mengapa pria-pria itu diambil paksa dari sebuah distrik di pingggiran kota. Warga pun menambahkan bahwa ISIS mengendalikan Kota Hawija dan mereka tidak bisa berani berbuat apapun. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (05/09/2014).

Kelompok militan ISIS juga sudah menyandera ratusan warga prajurit Suriah dan Irak dan beberapa anggota kelompok militan lain. Jurnalis dan warga sipil turut disandera oleh ISIS, bahkan kadang dari mereka dijadikan bahan tebusan atau bahkan dibunuh.

Sejak Juni 2014 lalu, ISIS melancarkan serangan ke wilayah utara dan tengah Irak. Mereka pun mendeklarasikan kekhalifahan yang mencakup wilayah Irak dan Suriah.

Namun dengan bantuan serangan udara Amerika Serikat (AS), militer Irak serta pasukan Kurdi, kelompok ISIS pun mampu dipukul hingga ke beberapa wilayah.

Kabar terbaru menyebutkan, pasukan Irak yang melakukan penyerangan di Mosul dan Tel Afar berhasil menewaskan ajudan dari pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi. (Okz/Net)

Foto:Net/

News Feed