oleh

Kec Medan Area Juara Umum MTQN ke-48 Medan,Tuan Rumah Juara Kedua

OKEBUNG|
Akhirnya Kecamatan Medan Area berhasil  menjadi sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-48 Tingkat Kota Medan Tahun 2015 di Lapangan Eks Taman Ria, Jalan Gatot Subroto, Medan,Minggu (15/03/2015).

Sementara untuk juara kedua diraih tuan rumah Kecamatan Medan Petisah dan Kecamatan Medan Perjuangan juara ketiga.

Kemudian,Kecamatan Medan Tuntungan ditetapkan sebagai tuan rumah MTQN ke-49 Tahun 2016.

MTQN yang berlangsung selama sepekan ini resmi ditutup Walikota Medan T Dzulmi Eldin S. Penutupan turut dihadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis, Ketua TP PKK Medan Rita Maharani, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli, Ketua MUI Medan Muhammad Hatta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta ribuan warga.

Walikota dalam sambutannya, berharap pelaksanaan MTQN ini dapat meningkatkan silaturahmi sekaligus mendorong terciptanya masyarakat yang religius.

“MTQN ini harus menjadi inspirasi terciptanya kehidupan sosial yang lebih baik lagi. Selain itu  melahirkan sikap-sikap yang baik, saling memaafkan, meningkatkan toleransi dan melenyapkan kebencian maupun dendam terhadap sesama,” kata Eldin.

Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya menambahkan, MTQN ini juga harus dapat menyuburkan minat warga, terutama generasi muda untuk terus belajar dan memahami Al Quran, sehingga nilai-nilai mulia yang terkandung dari kitab suci ini  akan menjadi inspirasi dalam upaya mewujudkan Kota Medan menjadi kota metropolitan yang religius dan berdaya saing.

Kepada para peserta yang berhasil menjadi pemenang, selain mengucapkan selamat, Wali kota juga mengharapkan agar tidak cepat berpuas diri. Pasalnya, ada tantangan yang lebih besar lagi, yakni MTQN Tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun nasional.

“Prestasi yang kalian capai sekarang ini membuka peluang bagi saudara untuk mengangkat nama  Kota Medan di MTQN Tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun nasional. Untuk itu teruslah berlatih untuk membangun kepercayaan diri menyongsong pelaksanaan MTQN Tingkat Provinsi maupun Nasional,” harapnya. 

Kemudian Walikota tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Medan yang terus melakukan pembinaan pembacaan Al Quran bagi generasi muda Kota Medan. Sedangkan kepada panitia maupun masyarakat Kecamatan Medan Petisah yang telah menjadi tuan rumah MTQN ke-48 Tingkat Kota Medan Tahun 2015, Walikota juga menyampaikan apresiasinya karena perhelatan ini bisa terselenggara dengan baik dan sukses. 

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli mengucapkan,pelaksanaan MTQN ini diharapkan dapat memotivasi dan menambah minat baca pada Al Quran, sehingga nilai-nilai pada kitab suci dapat diresapi dengan baik, serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami dari DPRD Medan menyampaikan apresiasi kepada Pemko Medan yang telah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan ini.

Kepada pada peserta yang keluar sebagai pemenang, kami ucapkan selamat, sedangkan kepada yang belum berhasil agar tetap semangat untuk terus berlatih sehingga nantinya bisa menjadi pememang pada MTQN tahun depan,” ujar Iswanda Ramli.

Asisten Kesejahateraan Masyarakat Setdakot Medan selaku Ketua Panitia MTQN Tingkat Kota Medan Tahun 2015 Erwin Lubis dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan MTQN berlangsung dengan baik sejak 8-15 Maret. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan yang telah berpartisipasi aktif menyukseskan kegiatan ini.

Diungkapkan Erwin,para peserta yang berhasil menjadi pemenang, selain mendapatkan hadiah dari panitia juga mendapat hadiah tambahan dari sejumlah stakeholder diantaranya berupa sepeda motor,voucher menginap, umroh dan lain-lain.

Hadiah ini diberikan untuk memotivasi mereka agar meningkatkan prestasi lagi, sehingga nantinya mampu m,engharumkan nama Kota Medan di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Keberhasilan Kecamatan Medan Area keluar sebagai juara umum setelah qari dan qariahnya berhasil menjuarai berbagai cabang yang diperlombakan, diantaranya juara 1 Cabang Tilawah untuk golongan dewasa putra atas nama H Ahmad Azrai,begitu juga untuk golongan dewasa putri diraih qariah Hj Nurjanah.

Selanjutnya Medan Area juga keluar sebagai juara pertama Cabang Hifzil Quran untuk golongan 5 juzz  dan tilawah putra/putri atas nama qari Irmansyah Sitorus dan qariah atas nama Nabila Suharso. Kemudian Golongan 20 Juz Putra, qari Medan Area  atas nama M Azroi Sitorus keluar sebagai juara pertama.

Kemudian Khat Hiasan Mushaf Putra, Khatthat Medan Area atas nama Dedek Kurniawan menempati peringkat pertama. Selajutnya Khat Dekorasi Putra, Khattat Medan Area atas nama Abdullah Matondang juga keluar sebagai juara pertama.

Untuk pawai ta’ruf pembukaan MTQN Tingkat Kota Medan Tahun 2015, juara pertama diraih Kecamatan Medan Petisah, Juara kedua Medan Amplas dan juara ketiga Medan Johor.

Sedangkan untuk stand terbaik kecamatan, juara pertama diraih Kecamatan Medan Marelan, juara kedua Medan Maimun dan juara ketiga Medan Baru. Sementara itu untuk stand SKPD, Dinas TRTB terpilih menjadi juara pertama diikuti Dinas Pertanian dan Kelautan di tempat kedua, serta  Badan Pemberdayaan Masyarakat juara ketiga.

Penutupan MTQN Tingkat Kota Medan Tahun 2015 ditandai dengan penurunan bendera MTQN. Bendera itu selanjutnya diserahkan kepada Walikota dan diserahkan kepada Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting yang dipercayakan sebagai tuan rumah MTQN Tingkat Kota Medan Tahun 2016. (BS/Admin)

Foto|Dok\Net|

News Feed