oleh

Kasrem 045/Gaya : TNI Berpartisipasi dalam Pembangunan Mewujudkan Ketahanan Pangan di Babel

OKEBUNG|
Kepala Staf Korem 045/Garuda Jaya Letkol Inf Eko Prayitno mengisi materi dalam Pendidikan dan Pelatihan Budidaya Padi bagi penyuluh pertanian angkatan II Se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Kamis,( 11/05/2015), di Balai Diklat Pemprov Babel. 

Letkol Eko dalam kesempatan tersebut mengatakan,partisipasi TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama ini sudah berjalan dengan baik.

Dalam pelatihan tersebut sebanyak 75 orang peserta hadir dalam kegiatan ini.Dari 75 orang tersebut  26 orang adalah Babinsa yang berasal dari Satuan Kodim 0413/Bangka dan Kodim 0414/Belitung,dan lainnya penyuluh pertanian se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kesempatan tersebut Kasrem menjelaskan bahwa partisipasi TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan diawali dari Apel Komandan Satuan TNI di Pangkalanbun Kalimantan pada bulan Januari 2015.

Pelaksanaan Apel Dansat tersebut Presiden RI Ir Joko Widodo memberikan pengarahan tentang kebijakan pemerintahnnya (Nawa Cita) yang termasuk didalamnya ketahanan pangan yang menyatakan bahwa dalam tiga tahun Indonesia akan menjadi negara swasembada pangan.

Selanjunya KASAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melaksanakan MoU dengan Kementerian Pertanian dan dalam kesepakatan tersebut bahwa Satuan Komando  Kewilayahan (Babinsa) sebagai ujung tombak.

Kemudian sasaran program ketahan pangan terjaminnya ketersedian pangan,diversifikasi produksi dan konsumsi pangan, kemandirian pangan masyarakat,tumbuhnya kesadaran aparat/petani/swasta dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, dengan focus komoditi utama, padi, jagung dan kedelai,”jelasnya.

Kemudian peran TNI dalam ketahan pangan adalah pengawalan dan pendampingan. Pengawalan meliputi distribusi pupuk dan benih dari distributor/pengecer kepada para petani sedangkan pendampingan, mendapimpingi petani dalam penyemaian, garap tanah, pemupukan, basmi hama dan lainnya.

Lebih lanjut Kasrem menjelaskan penguatan peran Babinsa bersifat sinergi dengan penyuluh dengan menghindari adanya duplikasi tugas.

Penyuluh memberikan bimbingan teknis sedangkan Babinsa memberikan motivator dilapangan.Babinsa bertanggung jawab tas pelaksanan kegiatan dilapangan bersama coordinator lapangan Distan mulai dari penyusunan danpelaksanaan,”jeas Kasrem.[rel]

News Feed