oleh

Kasdam I/BB Buka Penataran MTT Hukum Fungsi Komando Jajaran Kodam 1/BB

OKEBUNG|
Pangdam I/BB di wakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri secara resmi membuka Penataran Mobile Training Team (MTT) Hukum Fungsi Komando Bagi Ankum pejabat personel dan pejabat Intel/Pam Jajaran Kodam I/BB  di Ruang Bukit Barisan  Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (25/05/2015).

 
Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi yang di bacakan Kasdam I/BB  mengatakan pimpinan TNI AD memandang perlu adanya peningkatan pemahaman dan kesatuan langkah para pimpinan, dalam menyelesaikan setiap permasalahan hukum yang terjadi di satuannya.

Penyelesaian permasalahan hukum yang tepat akan berdampak positif bagi pelaksanaan tugas satuan dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

Pangdam I/BB  mengharapkan penataran ini dapat menjadi momentum bagi percepatan penyelesaian  perkara di satuan  yang memberikan kepastian dan keadilan hukum, melalui optimalisasi peran pejabat personel dan Komandan Satuan sebagai atasan yang berhak menghukum. Hal tersebut selaras dengan tema penataran kali ini, yaitu “Melalui Penataran Hukum Fungsi Komando Kita Tingkatkan Kemampuan dan Peran Para Ankum, Pejabat Personel dan Pejabat Intel/Pam dalam Penyelesaian Permasalahan Hukum di Satuan”.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan sesuai dengan tema di atas  mampu menjadi pemacu semangat para Komandan Satuan, untuk melakukan pembinaan dan penegakkan hukum di satuannya agar satuan siap operasional, sehingga melalui penataran ini para peserta semakin memahami fungsi staf di bidang personel sesuai ketentuan hukum yang berlaku serta mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan kewenangan hukum yang dimiliki, baik selaku atasan yang berhak menghukum maupun Papera, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan hukum di satuannya secara efektif.

Kepada para penatar, Kasdam I/BB menyampaikan agar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk membekali peserta penataran tentang hal-hal yang berkaitan dengan tanggung jawabnya terhadap hukum yang merupakan fungsi komando di satuan masing-masing. Kepada peserta penataran agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas disatuannya.

 

Dalam kesempatan tersebut Direktur Hukum Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Markoni, S.H.,M.H. dalam amanatnya yang di bacakan Ketua Tim Penataran Kolonel Chk A.Harahap menyampaiakan  bahwa kegiatan penataran ini merupakan keinginan pimpinan Angkatan Darat untuk mengoptimalkan fungsi hukum dalam mendukung pelaksanaan tugas satuan di lingkungan Angkatan Darat ke depan.       

Pada penataran ini para peserta akan dibekali pengetahuan/materi hukum yang bersifat aplikatif bagi kepentingan pembinaan satuan terutama dalam hal penegakan hukum di satuan yang menjadi tanggung jawabnya, oleh karena itu penataran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kesamaan cara bertindak dalam upaya menekan tingkat pelanggaran hukum dan penyelesaian permasalahan hukum secara efektif dan efisien di satuan dalam rangka pencapaian tugas pokok serta dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk saling bertukar pikiran dan membagi pengetahuan serta pengalaman untuk menemukan alternatif solusi dalam memecahkan berbagai permasalahan hukum di satuan masing-masing.

Hadir dalam acara tersebut Aspers Kasdam I/BB Kolonel Arh I Made Suryawan, Asintel Kasdam I/BB Kolonel Inf Achmad solihin, Kakumdam I/BB Kolonel Chk B. Zebua dan Danpomdam I/BB Kolonel Cpm Hadi Santoso.[ryan]

News Feed