oleh

KASAL: PERWIRA MUDA TNI AL HARUS MENJADI MOTOR PENGGERAK SATUAN

-TNI AL-7.803 views

OKEBUNG|
“Perwira Muda TNI Angkatan Laut harus bisa bertindak cermat dan sigap, serta menjadi motor penggerak di Satuan-Satuan untuk menjadi pemimpin yang berhasil”, demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) 331 Perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan Ke-50 TA. 2020 secara virtual di Plaza Gedung R.E. Martadinata, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur, Selasa, (22/12/2020).

Sebanyak delapan orang perwakilan perwira lulusan Diktukpa Angkatan 50 dilantik dan diambil sumpahnya secara langsung oleh Kasal, sementara 323 orang lainnya mengikuti upacara Praspa di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya.

Kasal dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa momen upacara Prasetya Perwira merupakan langkah baru dalam pengembangan diri dan karier dalam perjalanan pengabdian kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan negara.

Pendidikan perwira merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut, karena organisasi sangat membutuhkan personel yang kompeten dan berkarakter untuk menjadi pengawak organisasi TNI AL yang dibangun dan dibentuk dalam sebuah Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari KRI, Pesawat Udara, Marinir serta Pangkalan.

“Terus gali potensi diri serta kembangkan kemampuan memimpin sebagai seorang perwira yang memegang kode etik perwira TNI Budi Bhakti Wira Utama dan dapat menjadi panutan dari suri tauladan kepada para prajurit yang menjadi bawahannya”, pungkas Laksamana Yudo.

331 Perwira yang melaksanakan Praspa tersebut terdiri dari 319 orang pria dan 12 orang anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dimana 66 orang korps Pelaut, 43 orang korps Teknik, 19 orang korps Elektro, 43 orang korps Suplai, 86 orang korps Marinir, 31 orang korps Kesehatan, 20 orang korps Khusus, dan 23 orang korps Polisi Militer

Kegiatan yang dihadiri Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., para Pejabat utama Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta serta Dankodiklatal, ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada Letda Laut (P) Arif Ranu Wibowo sebagai lulusan terbaik Diktukpa Angkatan Ke-50 yang juga merupakan lulusan terbaik korps Pelaut. Sementara lulusan terbaik pada korps lainnya diraih oleh Letda Laut (T) Ngavif Ardani, A.Md untuk korps Teknik, Letda Laut (E) Eko Trimarjoko untuk korps Elektro, Letda Laut (S/W) Dyah Permani untuk korps Suplai, Letda Marinir Ibrahim untuk Marinir, Letda Laut (KH) Djanu Dwi Widodo, S.A.P., untuk korps Khusus, Letda Laut (K) Ramadan K., untuk korps Kesehatan serta Letda Laut (PM) Yanu Hartanto untuk korps Polisi Militer.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

News Feed