oleh

Kasal Berikan Kuliah Umum di Kampus ITB

OKEBUNG|
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memberikan kuliah umum yang mengambil judul “Sinergitas TNI Angkatan Laut Dan Civitas Academica Perguruan Tinggi Dalam Optimalisasi Pertahanan Maritim” di hadapan civitas akademika mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (10/02/20!6) di Aula Barat ITB Bandung,Jawa Barat.

TNI Angkatan Laut sangat menyadari salah satu kunci dari perubahan bangsa Indonesia untuk dapat menjadi negara maritim besar yang memiliki perekonomian kuat serta didukung oleh kemampuan pertahanan dan keamanan yang tangguh adalah peran serta perguruan tinggi yang di dalamnya berisi generasi muda Indonesia dengan kemampuan intelektualitas tinggi, yang dapat berperan sebagai agen perubahan (agents of change).

Perubahan dan kemajuan utamanya di bidang pertahanan dan keamanan maritim yang berkesinambungan hanya dapat terjadi apabila generasi muda yang masih memiliki waktu panjang turut terlibat mengaplikasikan konsep-konsep perubahan secara aktif. Keterlibatan seluruh komponen bangsa utamanya para civitas academica dalam upaya peningkatan kemampuan pertahanan dan keamanan maritim merupakan indikasi dan modal kemandirian bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, dihadapan ribuan mahasiswa Kasal menyampaikan bahwa terkait Sinergi TNI Angkatan Laut dan Peran Perguruan Tinggi dalam Pertahanan dan Keamanan Maritim, pada dasarnya seluruh komponen bangsa harus terlibat dan bertanggung jawab terhadap upaya pembangunan bidang maritim, seperti halnya dalam pengelolaan pertahanan dan keamanan maritim, tidak terkecuali peran dari kalangan intelektual yang berada di perguruan tinggi.

Kalangan intelektual yang terdiri dari para akademisi, ilmuwan, pendidik dan mahasiswa dapat mengambil peran penting dalam pengelolaan bidang pertahanan dan keamanan maritim. Peningkatan kualitas intelektual dengan metode formal di lembaga pendidikan memberikan dasar dan pengembangan kemampuan berpikir analitis yang tajam, sehingga diharapkan akan keluar gagasan yang brilian tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan bangsa, termasuk upaya pengelolaan pertahanan dan keamanan maritim yang membutuhkan sains dan teknologi tinggi,.

Melalui Kuliah umum ini Kasal berharap, sebagai kalangan intelektual kekuatan para pemuda yang ada di perguruan tinggi bertumpu pada kemampuan berpikir analitis yang tajam, sehingga dapat melahirkan inovasi dan gagasan yang brilian dalam pembangunan atau pengembangan kemampuan pertahanan dan keamaman maritim.

Untuk itu, seluruh insan nusantara, TNI Angkatan Laut, perguruan tinggi bersama dengan seluruh komponen bangsa lainnya harus dapat bersinergi berperan aktif dalam upaya mewujudkan pertahanan dan keamanan maritim yang tangguh sehingga dapat mendukung upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.(Dispenal Mabesal)

News Feed