oleh

Karbol Tingkat III AAU Laksanakan Test Samapta

OKEBUNG | Pembinaan Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) terus ditingkatkan melalui kegiatan test kesamaptaan jasmani yang dilaksanakan di Stadion Sasana Krida dan Lapangan Andalan Ksatrian AAU, Yogyakarta, Selasa (14/9/2021). 

Test samapta yang dilaksanakan secara periodik itu, diikuti oleh 110 Karbol Tingkat III AAU.  Selain sebagai bentuk evaluasi pembinaan kesamaptaan jasmani, test samapta ini secara bertahap dilakukan untuk menjaga kondisi kebugaran dan ketahanan fisik dalam mendukung kelancaran rutinitas tugas belajar maupun kegiatan latihan. 

Kegiatan test kesamaptaan jasmani yang diselenggarakan oleh Departemen Jasmani Militer (Depjasmil) AAU meliputi test samapta A, dilanjutkan samapta B, yakni lari,  pull up, sit up, push up dan shuttle run. 

Kadep Jasmil, Kolonel Pas Ari Ismanto mengatakan bahwa test kesamaptaan jasmani ini dilakukan merujuk pada program pendidikan dan latihan Karbol AAU, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesegaran jasmani sekaligus mengevaluasi kemampuan kesamaptaan setiap Karbol, yang dilakukan secara bertahap. 

“Selain itu juga diharapkan dengan dilaksanakannya test samapta ini dapat meningkatkan kebugaran dan ketahanan  serta kesiapan fisik para Karbol untuk senantiasa siap menghadapi tugas belajar dan latihan di AAU, demikian,” ungkap Ari Ismanto. (penaau/muis)

News Feed