oleh

Kapolri :Terkait Kasus Terorisme,Polri Buru Tokoh ISIS di Indonesia

JAKARTA – OKB|
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman menyebutkan bahwa pihaknya saat ini masih memburu tokoh yang menyerukan masyarakat Indonesia untuk bergabung ke dalam organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Selain itu,pihaknya akan terus mengamati pergerakan kelompok-kelompok di Indonesia yang mendukung ISIS.

”Mungkin rekan-rekan telah melihat bagaimana tayangan ISIS di Youtube, itu sudah ada beberapa yang menyatakan mendukung. Maka Polri akan terus melakukan upaya-upaya penegakan hukum terhadap siapa pun yang melakukan pelanggaran-pelanggaran, terkait dengan upaya-upaya tindakan apa pun yang melanggar hukum di Indonesia nanti,” tegas Kapolri Jend Pol,Sutarman usai menggelar halal bihalal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (04/08/2014)tadi,melansir okezone.com.

Orang nomor satu dijajaran Polri itu menyatakan bahwa saat ini pihaknya sudah mengidentifikasi tokoh yang mengajak masyarakat Indonesia bergabung ke ISIS. Tokoh tersebut, kata dia, merupakan buronan terkait kasus terorisme.

”Sudah teridentifikasi oleh kami tokoh tersebut berinisial B dan memang itu salah satu buronan kami selama ini. Yang jelas ia adalah kelompok terorisme dan selama ini menjadi DPO (daftar pencarian orang) kami,” ungkap Sutarman.

Dia menjelaskan pihaknya sudah lebih dari setahun memburu B, termasuk mendalami kemungkinan afiliasinya dengan kelompok Al Qaeda.

“Itu pernyataan-pernyataan bahwa dia mendukung dan sebagainya, sehingga kita perlu melakukan langkah-langkah proaktif dari semua elemen Polri. Dari aspek pencegahan dan penegakan hukum, tentu juga sudah melakukan langkah-langkah ini. Bahkan jauh sebelumnya,” bebernya.

Selain itu,sebutnya, pihaknya juga sudah mengidentifikasi warga Indonesia yang pergi ke Suriah melalui negara lain.

“Teridentifikasi lebih kurang ada 56 orang yang berada di sana dan tiga di antaranya beberapa waktu lalu meninggal di sana,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui,terkait beredar video di situs Youtube berisi ajakan kepada warga Indonesia untuk bergabung dengan ISIS. Tujuannya, mendirikan negara Islam di seluruh wilayah Indonesia.(Admin/Net)
Foto:kapolri/

News Feed