oleh

Kapolri Kerahkan 22.000 Personil Untuk Amankan Pelantikan Presiden

OKEBUNG |
Kapolri Jenderal Pol Sutarman meminta seluruh personil Polri untuk fokus mengamankan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yang akan digelar pada 20 Oktober 2014.

“Kita harus mampu mengawal keamanan sampai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan presiden dan wapres,” sebut,Kapolri Jenderal Pol Sutarman di Jakarta, Kamis (09/10/2014)melansir antaranews.com.

Untuk itu,Kapolri akan segera mengumpulkan seluruh Kapolda dan Kapolres di Indonesia untuk diarahkan dalam langkah-langkah pengamanan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden baru.

Polisi2_edit
Menurut Kapolri,pasca Pemilu, situasi politik di Indonesia bergerak dinamis sehingga bisa berdampak pada konflik di tengah masyarakat dan polisi harus mampu mengelola potensi konflik dengan baik sehingga situasi politik tidak berdampak pada berkurangnya rasa aman masyarakat.

Sutarman mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai potensi gangguan keamanan menjelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

“Saya perintahkan pada seluruh jajaran Polri terutama fungsi intelijen untuk selalu meningkatkan kemampuan deteksi dini sehingga berbagai potensi ancaman dan kerawanan dapat segera diketahui dan diantisipasi dengan baik,” kata Sutarman.

# Polri Kerahkan 22.000 Polisi Amankan Pelantikan Presiden#

Dalam menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden,Polri sudah menyiapkan pengamanan untuk pelantikan dan pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2014 sebanyak 22.000 orang.

“Sebanyak 22.000 orang dikerahkan untuk pengaman pelantikan presiden dan wakil presiden,”tegas Kapolri Jenderal Pol Sutarman kepada wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dijelaskannya,22.000 polisi yang disiapkan itu akan dibagi dalam empat “ring” pengamanan. Pengamanan akan dilakukan sampai di pusat-pusat perbelanjaan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ring” pengamanan terbagi dalam empat kawasan, yakni ring I sekitar lokasi pelaksanaan pelantikan di gedung DPR/MPR RI, ring II seputaran halamannya, ring III akses jalan menuju gedung DPR/MPR RI, dan ring IV di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.

“Antisipasi tetap ada, tapi kita berharap dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” kata Jenderal Sutarman.

Sebelumnya, pada sidang paripurna pemilihan Ketua MPR RI yang berakhir pada Rabu (08/10/2014) dini hari, Kapolri mengatakan Polri menurunkan 18.200 polisi untuk pengamanannya. (ant\net)
Foto:Kapolri /net/

News Feed