oleh

Kapoldasu: ISIS Belum Terdeteksi Di Sumut,Namun Tetap Diantisipasi

MEDAN-OKB|
Terkait dengan adanya intruksi Kapolri Jenderal Pol Sutarman yang menegaskan agar menolak keras serta dibubarkan jika terdengar adanya ISIS, Kapolda Sumut Irjen Pol. Syarief Gunawan memastikan belum mendeteksi keberadaan ISIS di wilayah Sumut.
“Sejauh ini belum ada, dan diharapkan tidak ada,” ucap Kapolda Sumut kepada wartawan di Mapoldasu, saat ditanya keberadaan kelompok terlarang itu.Namun, kata dia, pihaknya akan tetap melakukan penyelidikan untuk mengantisipasinya.

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh jajaran melakukan penyelidikan ke lokasi-lokasi yang mungkin dijadikan basis kelompok itu, tetapi sejauh ini belum ditemukan,” kata Syarief Gunawan.

ISIS atau Islamic State of Iraq and Syiria, dinyatakan sebagai kelompok terlarang di Indonesia karena pahamnya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Kelompok tersebut dinyatakan radikal, menghasut umat Islam melakukan perlawanan ke wilayah konflik di Timur Tengah dan Asia Selatan.

Untuk tidak memperluas jaringannya di Indonesia, pemerintah telah melakukan upaya mengungkap orang-orang yang berada dibalik itu. Pemerintah juga sudah memblokir situs-situs yang isinya menyebarkan paham gerakan ISIS, termasuk tayangannya di Youtube.

Selain itu menggelar operasi hukum terhadap para pendukung ISIS yang terbukti melakukan kekerasan. Operasi keimigrasian juga dilakukan untuk mencegah warga Indonesia yang akan bepergian khususnya ke daerah konflik di Timur Tengah maupun ke Asia Selatan.(fkm)
Foto:Irjen Pol Syarief Gunawan/Net/

News Feed