oleh

Kapal Kargo Tenggelam di Belawan, 9 ABK Hilang

OKEBUNG|
Sebuah kapal kargo bernama Kumala Endah GT 454, tenggelam saat melintas di perairan Belawan, Selasa (24/03/2015) sekira pukul 18.00 WIB
Akibat peristiwa itu, 9 dari 15 kru kapal masih dinyatakan hilang dan hingga saat ini masih dalam pencarian. Sedangkan 5 lainnya telah ditemukan dalam keadaan selamat.

“Sembilan lagi kru kapal masih dalam pencarian. Kapal itu tenggelam diduga karena menabrak bangkai kapal,” sebut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, Rabu (25/03/2015) siang.

Dijelaskan Helfi, kapal kargo itu bermuatan besi 710 ton bergerak dari Pelabuhan Belawan dengan tujuan Kalimantan Barat. Namun saat berlayar, kapal menabrak bangkai kapal hingga tenggelam 1 mill dari bibir pantai dengann posisi 0.3 derajat 54 menit 52 detik north.

Adapun kelima awak kapal yang berhasil diselamatkan adalah Very Sutiana (38) dengan jabatan KKN, Sihol Sihombing (27) sebagai Mualim 2, Eko Nugroho (29) selaku mandor mesin, Ferdinan Pangaribuan (24) dan Restu Sucipto (23) merupakan juru mudi.

Sedangkan 9 awak kapal yang masih dalam pencarian atas nama Sutimin selaku nahkoda, Icah Sulo sebagai Mualim 1, Ribut Wahyu, Suhadi, Mamuhoridi dan Aries Sudianto, keduanya sebagai juru minyak, Rifado Brahmana kuru kemudi, Daniel Marganda Sinaga juru kemudi dan Ridwan sebagai juru masak.

Kata Helfi, saat ini Poldasu telah mengerahkan kekuatan berikut kendaraan untuk membantu pencarian korban yang belum ditemukan.

“Polda Sumut dipimpin Kombes Pol Tubuh Maswaruh telah memberikan bantuan dan pencarian menggunakan 3 kapal polisi dan 2 unit perahu karet dan bergabung dengan tim SAR dari Basarnas Medan dengan mengerahkan 2 kapal. Tim DVI Polda sumut juga sudah diterjunkan dipimpin langsung Kabid Dokkes Polda Sumut, Kombes Pol Dr Setyo Purwanto,” pungkasnya.

Informasi diperoleh menyebutkan, kapal yang mengangkut 710 ton besi itu berangkat dari Dermaga Gudang Arang, Pelabuhan Belawan dengan tujuan Kalimantan Barat. Namun saat melintas di Buoy 2 perairan Belawan, kapal itu menabrak bangkai kapal. Akibatnya kapal mengalami kebocoran di bagian lambung hingga membuatnya tenggelam. (el)

Foto |Illustrasi\dok.net

News Feed