oleh

Kantor Pajak Wilayah Medan Kota Persulit Pembuatan NPWP

OKEBUNG |
Pelayanan buruk dengan alasan prosedur kembali terjadi di Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara Jalan Sukamulia No. 17-A, Gedung kanwil DJP Sumut I Lantai VII Kelurahan Alur, Kecamatan Medan Maimun. Hal ini terlihat dari pelayanan yang buruk terhadap masyarakat yang ingin membuat NPWP dengan alasan prosedur.

Nomor Pokok wajib pajak (NPWP), menjadi kewajiban masyarakat namun hal ini malah dipersulit dalam proses pengambilan dan pengurusannya.
Kepala Seksi Pelayanan Medan Kota Edison, mengaku proses pembuatan NPWP sudah sesuai dengan prosedur dimana kali ini mayarakat yang ingin membuat NPWP harus bersabar untuk mendapatkan NPWP tanpa batas waktu yang diketahui dengan alasan disampaikan oleh jasa pos.

Namun, hal berbeda terjadi ketika para calo menawarkan jasanya. Cukup hanya membayar uang Rp 150 ribu masyarakat yang memerlukan nomor dan kartu NPWP sudah tahu berapa lama waktu untuk mendapatkannya.

“Prosedurnya memang begitu, dari daftar NPWP kemudian dari kita diurus ke atas dan kemudian didaftarkan ke pos dari kantor pos kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Kalau masalah calo saya tidak tahu itu,”ujar Edison membantah adanya bisnis percaloan di tubuh kantor pajak.

Meski kenyataannya, seperti pantauan wartawan seorang calo saat itu mengenakan baju kuning rok hitam bebas keluar masuk keruangan Kepala Seksi Pelayanan tersebut.

Pernyataan berbeda diberikan oleh Humas Pajak Budi Nasution, di kantornya lantai 7, Budi menolak untuk dikonfirmasi. “Masalah pajak ajukan dulu yang resmi konfirmasinya jangan asal sorong aja main rekam isi pembicaraan saya. Kalau saya menolak untuk membicarakan mengenai itu harus ada dulu surat resminya. Buat saja dimedia pernyataan saya ini,”ujar Budi menolak permasalahan calo di badan kantor pajak. 

Padahal sesuai dengan website resmi direktorat pajak dinyatakan www.pajak.go.id/content/pelayanan-penyelesaian-pendaftaran-npwp, jika jangka waktu penyelesaian Pendaftaran NPWP adalah 1(satu) hari kerja sejak permohonan pendaftaran NPWP diterima secara lengkap. (yt)

Foto:

News Feed