oleh

Jolie Terima Penghargaan dari Ratu Inggris

OKEBUNG |
Aktris cantik nan seksi pemeran film Mr and Mrs,Angelina Jolie (39) telah menerima gelar kehormatan dari Ratu Inggris, Elizabeth II atas aktivitas kemanusiaan yang dia lakukan untuk mengakhiri kekerasan seksual di zona perang.

Wanita yang berperan menjadi agen rahasia ddi film Salt ini telah dianugerahi penghargaan Dame Grand Cross of the Most Distinguished Order of St Michael dan St George di Istana Buckingham, Jumat (10/10/2014) waktu setempat.

Angelina joliee_edit
Jolie adalah utusan khusus Komisaris Tinggi PBB untuk masalah pengungsi sekaligus pendiri organisasi Preventing Sexual Violence Initiative (PSVI) pada 2012 lalu.

Penghargaan ini pertama kali diumumkan pada Juni lalu ketika Jolie terlibat dalam kampanye untuk mengakhiri kekerasan seksual di daerah konflik dalam KTT global di London.

Dalam berbagai kesempatan, istri aktor Brad Pitt ini mengatakan kekerasan seksual dalam konflik “berada di urutan teratas diplomasi internasional.”

*Warga Kehormatan*

Aktris dan utusan khusus PBB juga pernah memuji para pemimpin laki-laki yang siap untuk menghadapi masalah yang dianggap “tabu” dalam isu tersebut. Selain dikenal sebagai aktris, Jolie melibatkan diri dalam berbagai isu kemanusiaan.

“Salah satu aspek yang paling membesarkan hati dalam pertemuan ini adalah melihat banyaknya pemimpin laki-laki…. bersiap untuk menghadapi tabu di sekitar isu kekerasan seksual dalam konflik,” kata Jolie dalam keterangan pers, pada Juni lalu.

Dua tahun lalu, Angelina Jolie menjadi warga kehormatan Sarajevo dalam festival film di kota itu sebagai pengakuan atas filmnya tentang Perang Bosnia tahun 1992-1995.

Dalam debutnya sebagai sutradara, film In the Land of Blood and Honey, mengangkat kisah wanita Muslim Bosnia yang jatuh cinta dengan pria Serbia Bosnia selama perang.Ia mengatakan pengalaman dalam membuat film itu sangat mengubah hidupnya.(bbc\okebung)

Foto :Angelina Jolie\net

News Feed