oleh

Jolie, Serukan Pentingnya Hak Kewarganegaraan

OKEBUNG|
Selebritis cantik nan seksi,saat ini Angelina Jolie berkampanye untuk mengingatkan kembali hak-hak dasar apa saja yang harus didapatkan pengungsi yang diadopsi oleh suatu negara. Jolie, yang menjadi utusan khusus Komisioner Tinggi PBB untuk pengungsi mengatakan, seseorang yang tak memiliki kewar­gane­garaan ada­lah hal yang mengerikan.

Tidak memiliki warga negara berarti Anda hidup tanpa pen­didikan, tanpa jaminan kesehatan dan tanpa pekerjaan yang tetap. Sebuah kehidupan tanpa kemampuan untuk berpindah se­cara bebas, tanpa harapan. Tanpa ke­warganegaraan adalah hal yang tidak manusiawi. Kita harus segera mengakhiri ketidakadilan ini,” papar istri Brad Pitt ini.m

Pemeran utama film Salt ini menambahkan,tak punya kewarganegaraan berarti tak memiliki identitas yang legal, tidak punya paspor, tidak punya hak pilih, tidak berkesempatan untuk mendapatkan akses pen­didikan.

Namun, dari ketidakpunyaan itu semua, Jolie mengatakan para pengungsi memiliki kekuatan tersendiri. Mereka memiliki energi yang sebetulnya dapat dipergunakan oleh negara untuk segera membuat mereka memiliki kewarganegaraan,” cetus putri aktor senior Jon Voight ini.

Hal laiin. Jolie menyatakan terbuka untuk memasuki ke­hidupan politik, diplomasi atau pelayanan publik.

Ketika kamu bekerja sebagai aktivis kemanusiaan, kamu akan sadar bahwa politik juga harus dipertimbangkan,” ujar ibu enam anak yang baru saja memperoleh gelar kehormatan ‘Dame’ dari Ratu Elizabeth II. Karena jika kamu benar-benar ingin membuat perubahan yang ekstrim, kamu harus memiliki tanggung jawab,” cetusnya.

Sebelumnya di awal tahun ini, Jolie kurang yakin apakah politik merupakan langkah selanjutnya yang masuk akal.

Jika aku pikir hal itu efektif, maka akan kulakukan. Tapi aku tidak yakin apakah aku akan dianggap serius dalam hal itu dan dapat menjadi efektif.”

Hm… apakah Angelina Jolie akan benar-benar terjun ke dunia politik? Kita tunggu saja!(rmol\net)
Foto:angelina jolie\net

News Feed