oleh

Jokowi Ingin Swasembada Beras

OKEBUNG
Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia harus daulat pangan, salah satunya swasembada beras dalam 3 tahun. Hal tersebut sulit tercapai apabila para menteri yang membantu Jokowi tidak kompak.

“Pak Presiden memastikan 3 tahun tidak swasembada beras, Menteri Pertaniannya langsung diganti. Tapi untuk mewujudkan hal tersebut Menteri Pertanian tidak bisa bekerja sendiri, harus ada dukungan dari menteri yang lain,” ucap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, di acara Diskusi Infrastruktur ‘Membongkar Sumbatan Perekonomian Indonesia, Sabtu (25/04/2015)dilansir detik.com.

Basuki mencontohkan, agar produksi sawah petani lancar, dibutuhkan suplai air dari irigasi sumber airnya harus disediakan dari waduk. Untuk membangun waduk selama ini tidak mudah. Seperti Waduk Kuningan dan Waduk di Tranggalek, sudah 2,5 tahun tandatangan kontrak, tapi sampai sekarang belum bergerak.

“Makanya saya sama Pak Mentan Amran Sulaiman itu seperti orang kembar, Dirjen SDA saya hibahkan ke Pak Mentan, termasuk Dirjen di Kementan dihibahkan ke kami. Tidak hanya dengan Pak Mentan, kami dengan Bu Situ Nurbaya (Menteri Kehutanan dan LH) banyak melakukan terobosan,” ungkapnya.

Seperti Waduk Kuningan tadi, dirinya dengan Menteri Kehutanan melakukan terobosan terkait izin pakai hutan.

“Kita pasti penuhi persyaratannya, tapi sambil kita penuhi izinnya, jangan halangi pembangunan waduknya, beriringan. Itu yang kita bersama-sama dengan para menteri lainnya melakukan banyak terobosan,” tutup Basuki.(net)

Foto|Presiden Jokowi\Dok.Net

News Feed