oleh

JELANG HUT TNI KE 76, DANKORMAR PIMPIN ZIARAH NASIONAL DI TMP KADILANGU BATANG JAWA TENGAH

OKEBUNG|
Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke 76 Tahun 2021, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri PG Kormar Ny.Etta Suhartono memimpin pelaksanaan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu. Jalan Pahlawan Kalisalakasri, Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Minggu (03/10/2021).

Pelaksanaan Ziarah Nasional di Makam Para Pahlawan Pejuang TNI AL dilaksanakan secara serentak dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang berada di Komplek Monumen Kalibakung Tegal, yang juga dihadiri Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M, dan para Perwira Tinggi TNI AL.

Tujuan dari kegiatan Ziarah Nasional ini selain mendoakan para pejuang TNI AL juga sekaligus mengenang perjuangan para pendahulu TNI yang gugur di zaman Perang Revolusi Kemerdekaan pada umumnya dan para prajurit-prajurit ALRI (TNI AL) pada khususnya di eks Wilayah Corps Armada III – Cirebon, dan Eks Wilayah Corps Armada IV – Tegal yang makamnya tersebar antara lain di TMP Bahari Kuningan, Komplek monumen Kalibakung Tegal, TMP Penggarit Pemalang, TMP Kusuma Bangsa Pekalongan, dan TMP Kadilangu Batang.

Ziarah secara serentak tanggal 3 Oktober dipimpin langsung oleh Kasal di komplek Monumen Kalibakung Tegal, sedangkan di TMP Samudra Kuningan dipimpin Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., TMP Penggarit Pemalang dipimpin Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han), dan TMP Prawira Reksa Negara Pekalongan dipimpin Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M,TR.(HAN) serta TMP Kadilangu Batang dipimpin Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono yang kebetulan Jenderal berpangkat bintang dua tersebut merupakan asli putra daerah Batang Jawa Tengah.

Ziarah ini juga untuk mengingat bahwa daerah Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang merupakan daerah basis perjuangan prajurit-prajurit TNI AL dalam mempertahankan Kemerdekaan yang telah direbut selama jaman Revolusi Kemerdekaan tahun 1945 sampai dengan tahun 1949. Perjuangan melawan penjajah yang ingin menguasai kembali Indonesia ini, para perjuang TNI AL bahu membahu berkerja sama dengan para ulama dan masyarakat. Makam para pejuang yang ada di Monumen Kalibakung Tegal ini terdiri dari pejuang TNI AL, Ulama dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan Ziarah Nasional Kadispotmar Mabesal, Kadismatal Mabesal, Komandan Pasmar 2, Koorsahli Dankormar, Asintel Dankormar, Asops Dankormar, Asrena Dankormar, Kadiskomlek Kormar, Kadisinfo Kormar, Kadispen Kormar, Koorsmin Dankormar, Bupati Batang, Dandim 0736 Batang, Kapolres Batang, Ibu – Ibu Jalasenastri

Berita Lainnya