oleh

IWO Akan Roadshow ke 34 Menteri

OKEBUNG|
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatan Wartawan Online (IWO),Witanto mengatakan ,belum satu tahun memerintah,Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah melakukan reshuffle kabinet kerja jilid I.

Banyak kalangan memprediksi, penggunaan hak prerogatif Presiden itu akan digunakan lagi.Artinya akan ada reshuffle jilid II mengingat kondisi kinerja kabinet yang masih belum maksimal sehingga perekonomian tetap masih dalam kondisi terpuruk seperti saat ini.

Bersamaan dengan itu,dalam rangka menjalankan amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers maka IWO berencana mengadakan wawancara secara langsung terhadap 34 orang menteri Jokowi dan tentu juga yang setingkat menteri.Kegiatan ini diberi nama ‘Road Show Intervew Menteri Bersama IWO’.

“Kami berharap, upaya IWO ini bisa mendapatkan gambaran riel seperti apa sebenarnya kinerja menteri sesuai versinya.Itu yang akan kami jembatani dan sampaikan kepada masyarakat,” katanya di Jakarta, Sabtu (31/10/2015).

Dijelaskannya,reshuffle seorang menteri memang sepenuhnya hak prerogratif Presiden. Namun,sebagai pemimpin rakyat,masyarakat bisa menilai seperti apa penerapan yang dilakukan oleh Presiden.

Kami memprediksi,akan butuh waktu paling lama sekitar 2 minggu untuk menelusuri dan melakukan intervew dengan menteri-menteri tersebut.

“Insya Allah kegiatan ini akan kita mulai pada minggu pertama bulan November 2015,” jelasnya.

Pria berdarah asli Yogyakarta ini menambahkan,seluruh kegiatan yang akan dilakukan IWO akan dikoleksi menjadi informasi publik dalam bentuk hasil liputan yang akan ditayangkan bersama-sama dengan seluruh jejaring IWO yang terdiri dari jejaring media online, baik itu yang menjadi pendiri, pengurus dan anggota IWO. 

Bersamaan dengan itu, kami juga akan melakukan gerakan menggugah hati rekan-rekan jurnalis online lainnya walau mereka mungkin belum menjadi anggota IWO.

“Tim itu nantinya akan dikoordinator oleh rekan kami Edward Panggabean, mantan jurnalis televisi lokal jaringan Jawa Pos Group di Jawa Tengah dan yang terakhir di www.liputan6.com sebelum menjadi pengelola online hukum dan politik www.pitunews.com.

“Sekretariat IWO di Jalan Haji Ten IV No 6, Rawamangun, Jakarta Timur menjadi pos pembantu bagi tim tersebut. Bagi siapapun yang ingin membutuhkan informasi tentang kegiatan ini, kami persilahkan menghubungi hand phone 081283011744 dan 081218537357 atau via black berry 285EC439 maupun electronik mail edwardgabe98@gmail.com,” terangnya.

Khususnya kepada seluruh rekan jurnalis yang berbasis online di Indonesia, kami sangat mengharapkan peran serta dan dukungan moral agar jurnalis sebagai agen perubahan bagi peradaban bangsa Indonesia bisa mewujudkan salah kegiatan yang mungkin tidak seberapa ini.

“Semoga upaya IWO bisa sedikit ‘mengobati’ rasa ingin tahu publik terkait reshuffle oleh Presiden diwaktu-waktu yang akan datang,” pungkasnya.[roy]

News Feed