oleh

Istri Prajuritnya Salah Gunakan Medsos, Dandim 0201/BS Menahan Serka H 14 Hari Kurungan

OKEBUNG|
Oknum prajurit Kodim 0201/BS berinisial Serka H, harus menerima ganjaran penahanan ringan selama 14 hari. Hukuman ini diterimanya lantaran istrinya berinisial LSK, menyalahgunakan media sosial (Medsos).

Sidang disiplin terhadap Serka H digelar,Jumat (22/5/2020).Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga selaku Ankum memimpin sidang ini.

Disebutkan Dandim, hukuman penahanan ringan itu akan dijalani Serka H mulai dari 22 Mei s/d 5 Juni 2020.

Dandim mengungkapkan tentang kejadian yang diduga pelanggaran terhadap UU ITE yang dilakukan salah satu oknum Persit KCK Cab XI Dim 0201/BS yakni LSK, tindakan yang diambil UU No. 25/2014 tentang Hukum Disiplin Militer dan kode etik prajurit TNI yaitu Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI, ST Kasad No. 3029/2018 tentang Penggunaan Medsos oleh anggota TNI AD beserta keluarga dan ST Kasad No. 166/2020 tentang Penggunaan Medsos terhadap anggota TNI AD dan keluarga menjatuhkan hukuman militer terhadap Serka H berupa penahanan ringan selama 14 hari.

“Karena tidak mentaati perintah kedinasan yang sudah dikeluarkan berulang kali baik pimpinan TNI AD maupun Kodim 0201/BS,” ucap Dandim.

Lanjut dikatakan Abituren Akmil 1997 ini, terhadap saudari LSK mendorong proses hukum atas dugaan pelanggaran UU No. 19/2016 tentang Perubahan atas UU No. 11/2008 tentang ITE dengan pelaporan kepada kepolisian sesuai prosedur hukum yang ada.

“Saya sebagai atasan langsung yang bersangkutan dan pembina Persit KCK Cab XI memohon maaf yang sebesar-besarnya dan menjadikan pembelajaran yang mahal atas kejadian ini. Dan tindakan yang diambil sebagau pembelajaran untuk seluruh prajurit TNI Ad dan anggota Persit terlebih bagi kami Kodim 0201/BS,” ujarnya.

Mantan Kapendam ini berharap semoga kejadian ini tidak terulang lagi diwaktu yang akan datang. “Dan masalah ini tidak mengendorkan semangat kita dalam berbuat yang terbaik bagi TNI, bangsa dan negara yang kita cintai dan banggakan,” pungkasnya. (Pendim)

News Feed