oleh

Ini Perhitungan Pajak Jika Gaji Rp 3 Juta/Bulan Ditambah Istri dan 2 Anak

OKEBUNG|
Tahun 2015 ini pemerintah Indonesia berencana untuk menaikkan Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari yang sebelumnya Rp 24,3 juta per tahun menjadi Rp 36 juta per tahun. Artinya karyawan dengan gaji di bawah Rp 3 juta per bulan akan terbebas dari pajak penghasilan.

Dalam aturannya, bila wajib pajak (WP) memiliki tanggungan, maka besaran batas PTKP juga semakin tinggi. Lalu bagaimana perhitungan suami dan istri yang bekerja dengan tiga orang anak?

Berikut Penjelasannya:

Wajib Pajak A mempunyai seorang istri dengan tanggungan 2 orang anak. Apabila istrinya memperoleh penghasilan dari satu pemberi kerja yang sudah dipotong Pajak Penghasilan Pasal 21, dan pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan usaha suami, atau anggota keluarga lainnya. PTKP yang diberikan kepada Wajib Pajak A adalah sebesar Rp 45 juta.

‎Dengan catatan untuk istrinya, pada saat pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 oleh pemberi kerja, diberikan batas PTKP sebesar Rp 36 juta pertahun.

Apabila penghasilan istri harus digabung dengan penghasilan suami, besarnya PTKP yang diberikan kepada Wajib Pajak A adalah sebesar Rp 81 juta.

Kepala Subdit Penyuluhan Ditjen Pajak, Sanityas‎ Jukti Prawatyani menambahkan, penghitungan besarnya PTKP ditentukan menurut keadaan Wajib Pajak pada awal tahun pajak atau pada awal bagian tahun pajak.

Misalnya dalam kasus wajib pajak dengan istri dan tanggungan anak kandung. Pada 1 Januari 2015 wajib pajak berstatus kawin dengan tanggungan 1 orang anak. Apabila anak yang kedua lahir setelah tanggal 1 Januari 2015, besarnya PTKP yang diberikan kepada wajib pajak untuk tahun pajak 2015 tetap dihitung berdasarkan status kawin dengan 1 (satu) anak.

“Jadi ketika nanti pelaporan SPT tahunan, maka anak kedua tidak dicantumkan dalam SPT tersebut, tapi adalah pada tahun berikutnya,” kata Tyas kepada detikFinance, Kamis,(28/05/2015),kemaren.[dtc\net]

Foto|dok.net\

News Feed