oleh

Ini Dia Langkah Dinkes Sumut Antisipasi Virus Zika

OKEBUNG|
Untuk mengantisipasi masuknya virus Zika ke Sumatera Utara (Sumut) Dinas Kesehatan Sumatera Utara mengaku telah berkordinasi dengan otoritas penjaga pintu-pintu masuk Internasional ke Sumatera Utara,.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Afwan Lubis mengatakan, kordinasi yang dilakukan dalam rangka memastikan setiap pengunjung yang berasal dari wilayah-wilayah yang endemik virus Zika, bebas dari virus tersebut.

Diantaranya Brasil, Barbados, Ekuador, EL Salvador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Haiti, Meksiko, Honduras, Kolombia, Martinique, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname dan Venezuela.

Pintu-pintu masuk yang diawasi yakni Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjungbalai.

“Ya akan kita screening dengan alat yang ada. Khususnya untuk yang dari wilayah-wilayah Endemik,”ujar Afwan, Selasa (02/02/2016) sebagaimana dilansir okezone.com.

Penyebaran virus yang diduga menjadi penyebab gejala microcephaly atau kelahiran bayi dengan ukuran otak yang lebih kecil itu, telah ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO) sebagai kondisi darurat global. Bahkan virus itu dianggap telah mewabah selayaknya Ebola.

Namun pemerintah Indonesia sendiri belum menetapkan status waspada khusus atas virus yang telah ditemukan sebanyak 4000 kasus diseluruh dunia itu.

“Meski belum ada kewaspadaan khusus. Kita tetap waspada. Kita ingin Sumut bebas dari penyakit menular apapun. Termasuk MERS-Cov dan Ebola,”jelas Afwan. (Red)

Foto dari internet.

News Feed