oleh

Idul Adha 1441 H, Kolinlamil kurban 16 Sapi dan 41 Kambing

-TNI AL-7.337 views

OKEBUNG|
Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah ini dengan menyembelih hewan qurban terdiri atas 16 ekor sapi dan 41 ekor kambing. Hewan qurban itu disembelih panitia qurban Kolinlamil bersama sebagian warga sekitar Tanjung Priok Jakarta Utara, Jumat (31/7).

Pada kegiatan Hari Raya ini dilakukan sholat Idul Adha yang dihadiri Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Thahja Setiawan, S.H. beserta perwakilan satker jajaran Kolinlamil dengan menerapkan standar kesehatan, tanpa masyarakat sekitar Tanjung Priok seperti biasa setiap tahunnya, hal ini dikarenakan surat edaran dari pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk tidak menyelenggarakan Salat Idul Adha tahun ini Karena membatasi untuk menghindari penularan covid 19.

Tema perayaan Idul Adha 1441 H di Kolinlamil kali ini “Maknai Idul Adha 1441 H/2020 M Dengan Meningkatkan Semangat Gotong Royong Dan Rela Berkorban ditengah Pandemi Covid 19 Menuju New Normal”.

Usai salat Idul Adha dilakukan penyembelihan hewan kurban. “Hewan kurban dibagikan kepada masyarakat kaum dhuafa yang tinggal di Tanjung Priok dan sekitarnya,” kata Letkol Laut (KH) Abdul Wadud, S.Ag. Paban Dawilhanla Spotmar Kolinlamil yang menjadi ketua panitia Idul Adha di Kolinlamil.

Gema takbir yang dikumandangkan mengawali salat Idul Adha 1441 H yang dipimpin Ustadz Letkol Laut (KH) Mahmud, dari Jonggol, Bogor yang berlangsung dalam suasana hikmat.

Dalam ceramahnya, ia menyatakan, umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban. Ia juga mengatakan peringatan Idul Adha dengan melakukan penyembelihan hewan kurban oleh umat Islam merupakan upaya merunut sejarah Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail dalam mentaati perintah dan ujian dari Allah.

Lebih lanjut dikatakan Idul Adha yang juga disebut Idul qurban memiliki arti mendekatkan diri dan rasa keikhlasan menerima ujian dari Allah.

Turut hadir dalam peringatan Idul Adha tersebut para Asisten Panglima Kolinlamil, dan beberapa pejabat Kolinlamil lainnya. (Dispen Kolinlamil)

News Feed