oleh

HUT TNI AU ke 69 Dimeriahkan Demo Udara dan Darat

OKEBUNG |
Peringatan acara Hari Ulang Tahun (HUT),TNI Angkatan Udara yang ke-69 tahun di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (09/04/2015) dimeriahkan dengan demo udara dan demo darat.

Selain itu,terlihat juga puluhan prajurit Detasemen Bravo Paskhas menunjukkan kemampuannya dalam simulasi pembebasan sandera. Dalam atraksi pembebasan sandera tersebut, prajurit TNI mendekati dan menembaki mobil yang menawan sandera.
images(21)

Sementara di udara, helikopter Super Puma berada memantau pergerakan prajurit dari atas. Hanya dalam hitungan menit, sandera pun dibebaskan dan diselamatkan dengan helikopter Super Puma.
images(25)

Kemudian pelaku teroris diamankan oleh prajurit TNI dan digelandang menaiki mobil tempur Korpaskhas.
images(24)

Atraksi simulasi pembebasan sandera tersebut pun membuat warga yang menonton takjub. Mereka mengaku merasa senang bisa melihat langsung aksi pembebasan sandera oleh prajurit TNI AU.

images(22)
“Cepat juga ya pembebasan sanderanya mirip di film-film action, merinding lihatnya dan dengar tembakannya,” celetuk salah satu warga yang menonton pembebasan sandera itu sambil mengacungkan jempol,dilansir merdeka.com.

images(20)

* Ini Dia 5 Pesawat Tempur Terbaik Dunia Yang Pernah Dimiliki TNI AU

Usai Perang Dunia II berakhir ditandai dengan menyerahnya Jepang membuat Negara Indonesia bergerak cepat membangun pertahanan untuk menghadang kembalinya Belanda ke bumi pertiwi. Usai didengungkannya Teks proklamasi, Indonesia segera menyita sejumlah pesawat tempur milik Jepang yang ditinggalkan.
images(19)

Sejak saat itu, Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang memiliki kekuatan pertahanan udara. Saat itu, Indonesia memiliki sejumlah pesawat tempur, yakni Mitsubishi A6M Zero-Sen, Mitsubishi J2M Raiden, Nakajima Ki-43 Hayabusa, Nakajima Ki-44 Shoki dan Nakajima Ki-84 Hayate. Indonesia juga menyita pesawat Curtiss P-36 Mohawk, Curtiss P-40E Warhawk, Supermarine Spitfire, Vought F-4U Corsair milik AU Belanda.
images(17)

Penarikan mundur tentara KNIL dari Nusantara membuat Indonesia memiliki penambahan kekuatan.TNI AU mengambil alih P-51 Mustang, B-25 Mitchell, T-6 Texan, Douglas A-26 Invader, Douglas C-47 Dakota. Indonesia juga menerima De Havilland DH-115 Vampire dari Inggris dan sempat dipakai selama beberapa dekade berikutnya.

images(16)
Kedekatan Indonesia dengan blok timur di bawah Uni Soviet membuat negeri ini menerima sejumlah pesawat baru dan paling modern. Pesawat sejenis Mikoyan-Gurevich MiG-15, hingga MiG 21 dimiliki TNI AU hingga disebut sebagai Macan Asia.

*Kekuatan TNI AU dibanding Angkatan Udara Malaysia & Australia?*

Memasuki era reformasi, TNI AU terus berbenah diri. Salah satu fokus angkatan ini adalah memperkuat kualitas tempur mereka dengan membeli alutsista baru dari sejumlah negara.
images(18)

Saat ini, TNI AU telah memiliki 7 skadron tempur, 4 skadron pesawat angkut dan 3 skadron helikopter. Untuk radar, TNI AU telah memiliki 22 radar di seluruh Indonesia. Namun, jumlah ini belum memenuhi minimum essential force yang dibutuhkan.

“Idealnya kita memiliki restra untuk sampai 2024, berbasis minimum essential force. Untuk skadron tempur misalnya, kita butuh 11, sehingga masih perlu 4 skadron lagi. Angkut butuh enam, masih kurang dua dan heli butuh empat tapi baru punya dua. Sementara radar kita butuh 32, sekarang baru 22, itu baru kekuatan minimum, bukan kekuatan ideal,” papar Kadispenau Marsma Hadi Tjahjanto,Rabu (08/04/2015) kemarin.

Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, yakni Malaysia dan Australia, kekuatan yang dimiliki Indonesia sudah cukup memadai. TNI AU sudah memiliki sumber daya manusia yang siap melaksanakan misi, termasuk alutsista berkualitas seperti pesawat Sukhoi dan F-16.

“Kalau melihat dari latihan-latihan dengan Australia, kita mampu untuk bisa menandingi dia. Itu kualitas kita,” ungkapnya,

Kini, TNI AU tengah berencana untuk mengganti pesawat F-5 Tiger dengan pesawat jenis baru generasi 4,5. Generasi terbaru ini dipercaya dapat membuat Indonesia mampu menghadapi segala ancaman dari negara asing.[mdk\net]

Foto |dok\net\

News Feed