oleh

Hujan Deras,Ribuan Rumah Terendam Banjir di Aceh Barat Daya

OKEBUNG|
Akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai-sungai di Kabupaten Aceh Barat Daya meluap dan mulai menggenangi ribuan rumah sejak Sabtu (01/11/2014) malam dengan ketinggian air mencapai 50-100 centimeter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, wilayah yang terendam banjir mayoritas berada di Provinsi Nangroe Aceh Darusalam, meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya, Kota Blangpidie, Kecamatan Mangging, Kecamatan Tangan-tangan, Kecamatan Lembah Sabil, serta Kecamatan Babaros.

“Kecamatan Mangging 115 Kepala Keluarga mengungsi, kerugian materil, data sementara yakni Kecamatan Mangging ada 3 ribu unit rumah terendam, Kecamatan Tangan-Tangan ada seribu unit rumah, Kecamatan Lembah Sabil ada dua ribu unit rumah, dan Kecamatan Babros masih dalam pendataan,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Okezone.

Sutopo menambahkan, kronologis banjir tersebut disebabkan akibat hujan deras menyebabkan sungai-sungai seperti Sungai Mangging, sungai Tangan-Tangan dan lainnya meluap.Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, SAR dan Damkar penanganan darurat sudah melakukan evakuasi, dan masih dilakukan pendataaan. Sementara itu, kendala yang dihadapi, ujar Sutopo adalah kekurangan personil dan peralatan terutama terbatasnya perahu karet menyebabkan evakuasi terhambat.

“Kondisi hujan juga masih turun dan gelap karena malam hari menyebabkan kendala petugas,” tuntasnya. (okz)

Foto:ilustrasi\net\

News Feed