oleh

Hotel Savoy Homann Bagian Awal Sejarah KAA 1955

OKEBUNG|
Hotel Savoy Homann yang terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 112, Bandung menjadi tempat menginap sejumlah kepala negara peserta Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung.

Bukan tanpa alasan,karena hotel tersebut merupakan bagian dari sejarah penyelenggaraan KAA.

Perlu diketahui bahwa Hotel Savoy Homann adalah hotel milik keluarga Homann berkebangsaan Jerman. Keluarga ini pindah ke Bandung pada 1870 dan mendirikan sebuah penginapan yang masih berupa rumah panggung, berbilik bambu dan beratap rumbia.

Namun di bawah pengelolaan Fr. J. A. Van Es, bangunan hotel sempit dan sederhana itu kemudian diperluas. Pada 1928, ia mendatangkan seorang arsitek dari Belanda, A. F. Aalbers yang mengubah bangunan hotel dengan desain gelombang samudera bergaya art deco.

Seiring perjalanannya, Hotel Savoy Homann kini menjadi pilihan para turis ketika menginap di Bandung. Bahkan, hotel yang hanya berjarak 100 meter dari Gedung Konferensi Asia Afrika ini menjadi tempat menginap sejumlah kepala negara peserta Peringatan 60 Tahun KAA  di Bandung.

Namun, Public Relation Hotel Savoy Homann Bandung, Ira Siska Utami mengatakan, ini bukan pertama kalinya Hotel Savoy Homann menjadi bagian dari penyelenggaraan KAA. Hal ini karena pada penyelenggaraan KAA pertama pada 1955, Hotel Savoy Homann juga menjadi tempat menginap tokoh-tokoh penting sejumlah negara.

“Ini bukan pertama kalinya Hotel Savoy Homann diinapi sejumlah kepala negara peserta KAA. Hotel Savoy Homann juga menjadi tempat menginap sejumlah tokoh penting pada penyelenggaraan KAA pertama tahun 1955,” ujarnya,sebagaimana dilansir okezone.com.

Untuk diketahui, Sejumlah tokoh ternama yang berperan dalam lahirnya KAA seperti Presiden RI saat itu, Ir. Soekarno, Jawaharlal Nehru (Perdana Menteri India), Gamal Abdul Nasser (Presiden Mesir), Cho En Lai (Perdana Menteri China), U Nu (Perdana Menteri Birma), Pangeran Norodom Sihanouk dari Kamboja dan tokoh lainnya menginap di Hotel Savoy Homann.
(admin)

Foto|Hotel Savoy Homann\net\

News Feed