oleh

Hari Kemerdekaan Nanti,Bank Indonesia Bakal Mengeluarkan Uang NKRI

KALIMANTAN-OKB|
Pihak Bank Indonesia (BI) rencananya akan menerbitkan Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) .Jika tak ada halangan BI akan mengeluarkan uang NKRI saat hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), tanggal 17 Agustus 2014.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Hilman Tisnawan yang mengatakan uang baru tersebut akan dipublikasikan secara serempak seluruh Indonesia.

“Nantinya uang NKRI akan dikeluarkan serempak seluruh Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Uangnya akan dipublikasikan secara serentak oleh Kantor Pusat. Pada prinsipnya nanti yang dikelurkan itu seluruh pecahan, tetapi mungkin secara bertahap,” ungkapnya Kamis (31/07/2014).seeprti dilansir tribun.

Meski tak menjelaskan secara rinci deskripsi mengenai uang NKRI yang baru, proses yang tengah dilalui dan jenis pecahan yang akan dikeluarkan. Namun Hilman mengatakan uang NKRI akan dikeluarkan secara bertahap.

Hilman mengaku tidak ingin berkomentar banyak lantaran rilisnya uang baru ini akan dilakukan serentak. Ia juga mengatakan dengan dikeluarkannya uang NKRI tidak lantas membuat uang lama ditarik dari peredaran. “Uang lama akan tetap berlaku dan tetap bisa dipergunakan untuk bertransaksi,” katanya.

Kehadiran uang baru tersebut, kata Hilman, tak ada kaitannya dengan rencana redenominasi. Lantaran rencana redenominasi masih belum disetujui oleh DPR.

“Dikeluarkan uang NKRI tidak lantas membuat uang edisi lama dinyatakan tidak berlaku. Sedangkan untuk rencana redenominasi belum ada dan tidak ada hubungannya dengan dikeluarkannya uang NKRI. Redenominasi dilakukan nanti jika sudah ada persetujuan dari DPR,” katanya.(tribunnews/net)
Foto:BI/Net/

News Feed